Penyebab Baterai 18650 Tidak Bisa Dicas atau di Charger

Penyebab Baterai 18650 Tidak Bisa Dicas atau di Charger

KEPOINDONESIA.id - Bagi pecinta senter SWAT atau semacamnya akan merasa terganggu jika tidak atau belum mendapatkan baterai 18650 yang baik. Benar sekali, senter SWAT dan sejenisnya menggunakan baterai yang umum digunakan seperti baterai AA dan AAA.

Hanya saja tipe 18650 lebih besar dan bisa di cas atau di isi ulang atau dalam bahasa Inggris rechargeable. Tidak seperti baterai bermerek seperti ABC dan Alkaline, baterai 18650 cenderung tidak bermerek dan sulit mendapatkan baterai yang berkualitas bagus.

Bisa kalian cek sendiri di toko online, rata-rata baterai 18650 dijual dengan harga yang mudah. Tetapi setelah di coba tidak semua baterai bisa digunakan alias kebanyakan sudah mati dan tidak bisa di isi ulang.

Jika baterai tidak bisa diisi ulang maka baterai tidak bisa digunakan. Oleh karena itu saya sarankan untuk hasil yang maksimal kalian bisa mencari dan menggunakan baterai 18650 yang bagus atau yang biasa digunakan untuk Vape.

Harganya memang mahal bisa lebih dari Rp. 50.000, tetapi sebanding dengan kualitasnya. Bagaimana dengan baterai 18650 yang sudah kalian beli dan tidak bisa di cas? atau saat di cas indikator charger tidak berubah menjadi merah atau hijau tetapi tidak menyala?

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelumnya kalian bisa baca penyebab powerbank cepat habis saat digunakan serta kelebihan dan kekurangan menggunakan powerbank untuk mengecas HP.

Jika baterai 18650 tidak bisa dicas dan tidak bisa digunakan itu artinya baterai tersebut sudah mati. Kebanyakan baterai 18650 yang dijual memang seperti itu, misalnya kalian membeli baterai 18650 sejumlah 10 biji, yang mati bisa sampai 5 biji sendiri.

Kalian pasti tau istilah "Ada Harga Ada Rupa", jika kalian membeli baterai yang harga per bijinya kurang dari Rp. 5.000 saya harap jangan berekspektasi lebih. Sebenarnya ada cara supaya baterai 18650 yang mati bisa digunakan dan bisa di cas.

Tetapi cara ini tidak selalu berhasil, sedikit berbahaya, dan dapat merusak perangkat yang menggunakan baterai tersebut. Jadi saya tidak akan menjelaskannya dan saran saya gunakan baterai yang masih normal dan beli lagi baterai 18650 yang lebih bagus.

Kesimpulannya beli lah baterai 18650 yang bagus supaya baterai awet dan tidak mati. Susah memang untuk mendapatkan baterai 18650 yang bagus, tetapi saya kira di toko online masih banyak yang menjualnya.

Kalian ingin mengecek kesehatan baterai di HP Android kalian seperti yang ada di iPhone? kalian bisa menggunakan aplikasi AccuBattery, aplikasi yang bisa memberitahu berapa kesehatan baterai di perangkat Android yang kalian miliki.


EmoticonEmoticon