Manfaat Asinan Untuk Burung Anggungan Seperti Puter, Tekukur, dan Perkutut

Manfaat Asinan Untuk Burung Anggungan Seperti Puter, Tekukur, dan Perkutut

KEPOINDONESIA.id - Kalian yang memang suka dengan burung anggungan kalian bisa pelihara 2 jenis burung ini yaitu Puter dan Tekukur atau di Jawa sering disebut Deruk. Selain Puter dan Dedukur burung Perkutut juga termasuk burung anggungan.

Hanya saja ukuran perkutut lebih kecil jadi jika disandingkan dengan puter atau tekukur kurang pas. Kombinasi yang pas menurut saya yaitu tekukur dengan puter. Selain dari segi ukuran suara keduanya juga mirip-mirip alias sama-sama enak di dengar.

Ketika kalian memelihara burung anggungan selain pakan dan minum kalian juga harus memberikan asinan. Apa itu asinan? asinan disini bukan asinan yang dibuat oleh manusia dan diperuntukan untuk manusia. Tetapi asinan hanya sebuah sebutan saja.

Untuk tau apa asinan saat pelihara burung anggunan, asinan apa yang bagus, dan apa manfaat dari asinan itu sendiri kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan membahasnya untuk kalian.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan yang pernah saya bahas sebelumnya mengenai burung dan peliharaan. Seperti jenis kucing peliharaan yang paling banyak dipelihara di Indonesia serta mengenal lebih dekat dengan kucing anggora

Apa Asinan Untuk Burung Anggungan?


Asinan sendiri bisa diartikan makanan burung anggungan di alamnya, atau makanan burung anggungan ketika hidup di alam bebas. Seperti yang kalian tau burung anggungan salah satu burung yang suka turun ke tanah.

Nah saat turun ke tanah biasanya burung akan makan makanan yang mereka sukai. Ada beberapa makanan yang biasanya dimakan. Untuk apa saja makanan yang nanti dijadikan asinan burung anggungan kalian bisa baca terus artikel ini sampai selesai.

Asinan Yang Bagus Untuk Burung Anggungan


Ada beberapa makanan yang bisa dijadikan asinan untuk burung anggungan. Balik mudah didapat dan paling baik yaitu pasir, kalau bisa pasir laut karena lebih seteril dan kemungkinan ada tekur cacingnya juga kecil. Selain pasir kalian juga bisa menggunakan tumbukan batu bata merah yang sudah halus. 

Tetapi coba dapatkan batu bata yang masih baru atau buatlah batu bata merah tadi menjadi lebih steril. Selain bata merah dan pasir kalian juga bisa menggunakan kulit telur. Ini sulit didapatkan tetapi khasiatnya lebih baik daripada pasir dan bata merah. Asalkan hanya pelihara beberapa burung saja jika mengumpulkan dari penggunaan memasak sehari-hari saya kira lebih dari cukup.

Manfaat Asinan Untuk Burung Anggungan


Yang pertama membuat burung merasakan makanan favorit mereka di alam. Bisa tumbuh menjadi sehat, bulu bagus, metal berani, dan yang pasti membuat gacor dan suaranya menjadi besar dan kuk banyak.

Penting memberi asinan pada burung anggungan jadi jika kalian baru saja memelihara burung puter, tekukur/deruk, atau perkutut segeralah beri asinan. Apabila sebelumnya burung diam saja dan tidak mau berbunyi saya jamin setelah diberi asinan burung akan mulai berbunyi.

Karena asinan ini hanya sebagai pelengkap kalian tetap harus memberikan pakan yang sehat supaya burung yang kalian pelihara tetap dalam kondisi prima. Jangan memberikan pakan yang asal dan jika perlu jika ada sisa bisa kalian buang.

Untuk wadah minum beberapa minggu sekali bisa kalian cuci karena biasanya ada lumutnya. Sebersih apapun makanan yang kalian berikan khususnya asinan kalian tetap perlu memberikan obat cacing beberapa bulan sekali.

Tentu saja takaran obat cacing untuk burung berbeda dengan manusia jadi kalian cari terlebih dahulu atau nanti saya bahas. Seperti jika kalian memiliki burung Lovebird dan berhenti bunyi dari beberapa minggu yang lalu kalian harus segera mengidentifikasi masalahnya supaya mau berbunyi kembali.


EmoticonEmoticon