Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Kucing Yang Paling Populer Dipelihara di Indonesia

Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Kucing Yang Paling Populer Dipelihara di Indonesia

KEPOINDONESIA.id - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dimiliki oleh suatu keluarga di rumah. Banyak orang yang memiliki alasan tersendiri untuk memelihara kucing, salah satunya untuk menakuti atau menangkap tikus dan bulunya yang bagus. Namun kalian tau tidak jenis kucing yang populer di Indonesia, dan cici ciri kucing tersebut seperti apa setiap jenisnya?

Jenis dan macam-macam kucing pun sangat beragam, seperti halnya Anjing, Kelinci dan hewan peliharaan lainnya. Mungkin kucing yang sering kalian temui ialah jenis kucing domestik, kucing liar, atau kucing kampung.

Sedangkan untuk ciri-cirinya, tiap-tiap jenis pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk ciri-ciri kucing secara umum sebenarnya cukup mudah kita kenali, seperti kucing termasuk hewan mamalia, menyusui, dan memiliki kaki sebanyak 2 pasang.

Berikut Ciri-ciri Kucing Secara Umum


1. Kucing termasuk hewan Mamalia

2. Kucing berkembangbiak dengan cara melahirkan

3. Mata dapat bersinar dalam gelap

4. Kucing merupakan hewan yang berbulu dan bertaring

5. Memiliki jumlah kaki 2 pasang

6. Memiliki Cakar dan Taring yang tajam

7. Memiliki telingan dengan pendengaran yang tajam

8. Kucing memiliki Kumis/Misai

9. Memiliki telapak kaki yang halus

Mungkin itu dia beberapa ciri kucing yang perlu kalian ketahui. Selain ciri-ciri kucing secara umum, kalian juga perlu tau ciri-ciri kucing tiap jenisnya supaya tidak salah mengira jenis kucing yang satu dengan yang lainnya.

Namun sebelum ke pembahasan jenis dan ciri masing-masing kucing, kalian bisa baca terlebih dahulu umpan jitu ikan betok dan cara membedakan ikan Gabus jantan dan betina dengan mudah.

Jenis-Jenis dan Ciri-Ciri Kucing di Indonesia


1. Kucing Persia Himalaya


Kucing Persia Himalaya merupakan salah satu kucing yang paling diminati di dunia, tidak hanya di Indonesia saja. Memiliki bulu yang lembut, indah, cantik, lebat serta unik merupakan salah satu daya tarik jenis kucing yag satu ini. Untuk ciri kucing persia himalaya ini cukup banyak, jadi akan saya singkat saja.

Ciri-ciri Kucing Persia Himalaya

~Memiliki postur tubuh yang besar dengan bobot sekitar 4 samai 6 kg

~Memiliki kepala yang bulat dan hidung yang pesek

~Memiliki bola mata yang agak besar dan berwarna biru serta memiliki ukuran telingan yang relatif kecil tidak seperti pada kucing persia pada umumnya

~Ukuran kakinya pun juga pendek dengan bulu yang lembat dan cakar yang besar dan kuat.

2. Kucing Maine Coon


Maine Coon bisa dibilang kucing yang tidak biasa, karena kucing ini biasanya dipelihara mulai dari kalangan artis sampai bangsawan saja. Kucing ini memiliki badan yang besar dengan berat bisa mencapai belasan kilo dengan panjang bisa mencapai 1,5 meter, kucing ini pun juga sering disebut sebgai kucing raksasa.

Ciri-ciri Kucing Maine Moon

~Memiliki bulu yang mengkilap, tebal dan anti air

~Memiliki berat yang tidak biasa mulai dari 6 - 9 kg

~Panjang bisa sampai 1 meter lebih

~Memiliki telingan yang lancip

3. Kucing Exotic Shorthair


Kucing ini merupakan kucing hasil perkawinan antara kucing American Shorthair dengan Kucing Persia, jadi sekilas mirip sekali dengan kucing persia. Kucing ini memiliki bulu yang minim. Selain itu kucing ini cocok sekali untuk dijadikan peliharaan anak kecil.

Ciri-ciri Kucing Exotic Shorthair~Memiliki penampilan seperti kucing persia, namun lebih pendek

~Bulunya pendek dan hidungnya pesek

~Memiliki berat yang tidak terlalu berat

~Memiliki wajah yang relatif rata

Selain 3 kucing diatas masih ada 3 jenis kucing lagi yang populer di Indonesia yaitu Kucing ras Indonesia, Kucing Persia, dan Kucing Anggora. Mungkin untuk ketiga jenis kucing itu sudah banyak yang mengetahui ciri-cirinya, karena ketiga kucing itulah yang paling populer dari pada 3 jenis kucing yang sebelumnya.


EmoticonEmoticon