Fungsi Tombol Num Lock, Scroll Lock, dan Caps Lock

Fungsi Tombol Num Lock, Scroll Lock, dan Caps Lock

KEPOINDONESIA.id
- Ada 3 indikator di keyboard yang bisa kalian lihat di sisi sebelah kanan. Indikator akan menyala jika salah satu tombol fungsi kalian tekan. Ada 3 tombol yang terhubung dengan ketiga indikator tadi.

Paling kiri adalah indikator Num Lock dan akan menyala jika fitur Num Lock kalian aktifkan. Di sebelah kanan Num Lock ada indikator Caps Lock yang akan menyala jika kalian mengaktifkan fitur Caps Lock.

Dan yang terakhir paling kanan yaitu indikator Scroll Lock dan akan menyala jika kalian mengaktifkan fungsi Scroll Lock. Selain Caps Lock fungsi dari Num Lock dan Scroll Lock tidak terlalu mencolok.

Saya yakin malah banyak pengguna yang tidak sadar bahwa ada kedua tombol tadi. Yang menjadi pertanyaan ialah apa fungsi dari ketiga tombol tadi? Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai fungsi tombol Caps Lock.

Walaupun begitu saya akan membahasnya lagi dengan kedua tombol Lock lainnya yaitu Scroll Lock dan Num Lock. Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti cara memunculkan keyboard di layar atau virtual keyboard di Komputer dan Laptop serta cara cepat menginput data dengan benar. Berikut fungsi dari tombol pengunci yang ada di keyboard.

Num Lock


Fungsi utama dari tombol Num Lock yaitu mengunci tombol supaya menggunakan fungsi angka atau numerik. Seperti yang kalian ketahui di beberapa keyboard selain angka tombol angka di sebelah kanan juga bisa digunakan sebagai navigasi.

Nah jika ingin menggunakan fungsi angka kalian bisa mengaktifkan Num Lock. Setelah selesai dan kalian ingin menggunakan navigasi kalian bisa mematikan fungsi Num Lock dan dapat menggunakan angka 4, 8, 6, dan 2 sebagai navigasi.

Scroll Lock


Scroll Lock adalah fitur yang digunakan sebelum adanya mouse. Fungsi tombol ini digunakan untuk mengunci tombol navigasi supaya bekerja layaknya sebuah kursor mouse. Jika dijelaskan mungkin sedikit membingungkan.

Mudahnya jika Scroll Lock aktif dan kalian membuat lembar kerja di Excel maka jika kalian menekan tombol navigasi nantinya layar yang akan bergerak. Sedangkan jika Scroll Lock tidak aktif dan kalian melakukan hal yang sama maka akan pindah ke cell yang lain.

Caps Lock


Caps Lock berfungsi mengubah huruf ke huruf KAPITAL atau huruf besar. Saya yakin kalian sudah tau fungsi tombol ini. Dari pada Caps Lock yang ada di virtual keyboard, Caps Lock di keyboard fisik lebih mudah digunakan.

Itu dia ketiga fungsi tombol pengunci yang ada di keyboard yaitu Num Lock, Scroll Lock, dan Caps Lock. Misalnya kalian panik tiba-tiba lampu di keyboard menyala kalian bisa mematikan salah satu tombol pengunci yang tidak sengaja kalian tekan.

Indikator sisi kiri ialah Num Lock, sisi tengah Caps Lock, dan sisi kanan Scroll Lock. Tidak tau cara membuat tanda bintang di Laptop atau Komputer? jika tidak tau kalian bisa baca artikel tentang tutorial membuat simbol bintang.


EmoticonEmoticon