Selasa, 16 April 2019

Kucing Anggora Putih, Langka, Dilindungi, Namun Banyak Dicari

Kucing Anggora Putih, Langka, Dilindungi, Namun Banyak Dicari

KEPOINDONESIA.id - Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat digemari baik di Indonesia maupun di luar Negeri. Di Indonesia sendiri rata-rata kucing hanya untuk peliharaan biasa yang tidak terlalu dimanjakan, khususnya kucing yang bukan kucing ras. Untuk kucing ras sendiri yang paling populer dan banyak di cari ialah jenis Kucing Anggora, khususnya kucing anggora putih.

Sebelum lanjut ke pembahasan soal kucing anggora putih itu, saya akan sedikit menceritakan pengalaman dan pengetahuan saya soal kucing ini. Di lingkungan rumah saya, yang bisa dibilang kampung hanya ada kucing kampung yang notabenenya di pelihara oleh tetangga, tidak ada kucing liar disini walaupun di kampung.

Saya juga heran kenapa tidak ada kucing liar, padahal saya sering lihat di kota-kota besar banyak sekali kucing yang terlantar. Walaupun begitu, di lingkungan saya masih ada yang namanya membuang kucing, walaupun begitu saya rasa jika kucing tersebut dibuang oleh pemilik sebelumnya nantinya akan mendapat pemilik baru dan seterusnya.

Nah sedangkan kucing ras yang sering saya dengar yaitu ada 2 jenis, yaitu Anggora dan Persia. Untuk jenis yang lain saya kurang tau karena saya tidak memelihara kucing karena alasan tertentu. Salah satu alasannya yaitu soal mitos atau fakta bahwa bulu kucing bisa bikin mandul.

Sedikit penjelasan tentang kucing Anggora. Kucing Anggora ini merupakan kucing asli dari Turki, tepatnya di kota Angora yang sekarang lebih dikenal dengan kota Ankara. Karena berasal dari kota Angora, dikenallah kucing tersebut dengan nama kucing Anggora.

Kucing anggora ini bisa dibilang jenis kucing yang sangat sangat langka, untuk ras asli Anggora. Di Indonesia sendiri kucing jenis ini jarang kita jumpai, walaupun bukan ras asli melainkan hasil perkawinan dengan kucing lokal. Yang campuran saja langka, apalagi yang asli.

Penyebab langkanya kucing jenis ini karena di Negara asalnya yaitu Turki melakukan ekspor jenis kucing tersebut ke Luar Negeri yang mengakibatkan populasinya menjadi berkurang. Info yang saya dapat, bahwa ras asli dari Kucing Anggora ini telah dilindungi oleh pemerintah setempat, dan jika ada yang jual bisa dibilang harganya sangat mahal.

Nah untuk Anggora berbulu putih ini mulai ada pada abad ke-20. pada saat itu kebun binatang Ankara pertama kalinya membiakan jenis kucing anggora baru, yaitu Anggora Putih. Anggora Putih ini merupakan ciri khas bagi negara tersebut.

Ada beberapa warna dari Kucing Anggora ini selain warna putih yang paling dicari, yaitu warna tabi tutul hitam perak, tempurung kura-kura hitam asap, asap biru, hitam, torbi hitam dan putih, tabi bercak cokelat, dan krem biru dan putih. Sedangkan ras umum dari ras kucing ini yaitu berwarna polos, seperti Anggora Putih.


EmoticonEmoticon