Penyebab dan Cara Mengatasi HP Huawei Tidak Ada Play Store

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Huawei Tidak Ada Play Store

KEPOINDONESIA.id - Huawei sudah dikenal sebagai merek smartphone yang sebenarnya menjadi pesaing berat Samsung. Hanya saja karena berasal dari negara yang memang sedikit sensitif menyebabkan pihak Google tidak mengizinkan lagi Huawei menggunakan sistem operasi Android.

Dari software dan hardware Huawei bisa di bandingkan langsung dengan Samsung. Apabila kini masih menggunakan sistem operasi Android saya yakin Huawei jadi tambah keren dan kemungkinan besar sudah menjadi merek yang lebih besar.

Tidak mau berakhir begitu saja walaupun tidak menggunakan sistem operasi Android Huawei tetap memproduksi smartphone dengan sistem operasinya sendiri yaitu HarmonyOS. HarmonyOS memiliki konsep yang berbeda dengan sistem operasi Android walau dasarnya saya yakin masih Android.

Karena tidak menggunakan OS Android maka tidak ada Play Store dan beberapa aplikasi pendukung lainnya. Tidak adanya Play Store ini membuat beberapa peminat Huawei menjadi enggan meminang HP Huawei karena bisa dikatakan ekosistemnya menjadi terbatas.

Walaupun tidak ada Play Store masih ada beberapa cara untuk menginstall aplikasi. Untuk tau apa saja caranya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kelebihan melakukan reset pabrik serta fungsi aplikasi TestFlight yang ada di iOS.

Cara Pasang Aplikasi di Huawei Tanpa Play Store


Lewat AppGalerry


Yang pertama kalian bisa gunakan AppGallery untuk mendapatkan aplikasi yang ingin kalian install. AppGalery sama seperti Play Sore tetapi kalian jangan berekspetasi terlalu lebih karena jika dibandingkan dengan Play Store aplikasi yang ada di AppGallery tidak terlalu lengkap.

Gunakan Petal Search


Daripada menggunakan AppGallery banyak pengguna Huawei tanpa Play Store lebih memilih menggunakan Petal Search. Seperti namanya Petal Search memang diperuntukkan untuk mencari seperti mencari aplikasi yang kalian inginkan.

Unduh dan Install Dengan File APK


Kalian tetap bisa install file .apk layaknya di Android, hanya saja caranya berbeda dan sedikit ribet. Apabila di AppGallery tidak ada dan di Petal Search tidak ada cara satu-satunya yaitu unduh file .apk di internet lalu install secara manual di HP Huawei yang kalian miliki.

Mengecualikan sistem operasi yang digunakan Huawei sebenarnya laak untuk dimiliki. Jadi selain iPhone dari Apple dan Samsung di jajaran flagship ada juga Huawei. Tetapi kini masih banyak yang ragu dengan HarmonyOS jadi wajar saja jika ponsel Huawei sudah jarang terdengar.

Selain itu di jajaran flagship Android selain Samsung dari merek lainnya juga banyak. Seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, dan masih banyak yang lainnya. Supaya tidak kecewa saran saya belilah sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas sedikit ribet tetapi sebenarnya kalian masih bisa install aplikasi Android di HP Android yang tidak ada Play Store nya. Bingung kenapa file dokumen tidak bisa dibuka di HP Xiaomi? apabila kalian bingung kalian bisa baca artikel mengenai cara buka dokumen di HP Android seperti Xiaomi.


EmoticonEmoticon