Alasan Kenapa Laptop Saat Dicas atau Di Isi Daya Kadang Cepat dan Terkadang Lama

Alasan Kenapa Laptop Saat Dicas atau Di Isi Daya Kadang Cepat dan Terkadang Lama

KEPOINDONESIA.id - Laptop lebih dipilih sebagian orang karena kepraktisannya. Walaupun performa laptop tidak bisa dibandingkan dengan PC tetapi setidaknya laptop bisa digunakan sebagaimana sebuah perangkat PC bekerja.

Karena memang di desain supaya praktis spesifikasi tertinggi laptop memang rendah. Tidak seperti PC selain ukurannya yang lebih besar dan memakan tempat daya dari PC sendiri tidak terbatas tidak seperti laptop.

Laptop bisa digunakan tanpa terhubung ke arus listrik apabila sisa baterai masih tersedia dan bisa digunakan saat dihubungkan atau saat sedang di charging. Apakah bahaya menggunakan laptop ketika laptop sedang di charging?.

Tidak seperti HP atau smartphone, bisa dikatakan aman saja asalkan tidak berlebihan. Alias tidak terlalu lama atau sehari penuh dan tidak digunakan untuk pekerjaan yang berat terus menerus. Bagaimana dengan proses pengisian daya baterai laptop yang terkadang cepat dan terkadang lama?.

Hal tersebut memang sering terjadi dan wajar saja. Untuk tau apa penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi fan error yang sering terjadi di laptop Lenovo serta solusi mengatasi keyboard dan mouse wireless yang tidak berfungsi.

Faktor Pengisian Daya Baterai Laptop Yang Cepat


Pasti kalian tidak percaya bahwa saat digunakan pengisian baterai laptop jauh lebih cepat jika dibandingkan saat laptop tidak digunakan atau dalam keadaan mati. Berbeda dengan smartphone yang saat digunakan saat proses charging pengisian akan semakin lambat.

Tidak heran kebanyakan orang menggunakan laptop saat sedang di isi daya karena proses pengisiannya jauh lebih cepat hampir 40%. Jadi jika ingin cepat silakan nyalakan laptopnya walaupun kalian tidak gunakan untuk bekerja.

Faktor Pengisian Daya Baterai Laptop Yang Lambat


Sedangkan jika pengisian daya laptop lambat pasti kalian lakukan saat laptop dalam keadaan mati. Sudah saya tes sendiri apabila dalam keadaan menyala laptop akan cepat penuh baterainya dan jika dalam keadaan mati akan lambat.

Kenapa saat mati menjadi lambat? ini ada alasannya. Bisa dikatakan sebagai pengaman karena ada kemungkinan rata-rata para pekerja atau pemakaian laptop harian akan mengisi baterai laptop ketika tidur. Apabila proses pengisiannya cepat baterai laptop akan penuh sebelum pemilik bangun.

Dibuat lama supaya baterai laptop penuh tidak terlalu lama. Memang ada fitur auto cut off tetapi jika terlalu lama tetap tidak baik. Oleh karena itu dibuat sekiranya orang akan bangun bebarengan dengan baterai laptop yang penuh.

Pengguna laptop memang harus benar-benar merawat supaya baterai tidak soak atau cepat rusak. Apabila dibutuhkan dalam waktu yang lama dengan pekerjaan yang berat daripada laptop saya lebih menyarankan PC.

Itu saja yang bisa saya jelaskan dan sebelum saya akhiri apakah kalian sering menyalakan laptop tanpa baterai? khususnya di laptop jadul?. Jika iya kalian harus tau bahaya atau tidak menyalakan laptop tanpa baterai terpasang sama sekali.


EmoticonEmoticon