Solusi Mengatasi Masalah Fan Error di Laptop Lenovo

Solusi Mengatasi Masalah Fan Error di Laptop Lenovo

KEPOINDONESIA.id - Tidak dipungkiri lagi perangkat desktop memang lebih rumit jika dibandingkan dengan perangkat mobile. Komponen yang cukup banyak serta sistem operasi yang rumit membuat masalah dan error yang ada di perangkat desktop terkesan menakutkan.

Bisa dibandingkan saja masalah yang sering muncul di HP Android dan iOS, apakah serumit masalah yang ada di PC atau laptop Windows? tentu saja tidak. Karena perangkat desktop rumit tidak heran jika ada masalah sedikit banyak pengguna yang langsung panik.

Nah masalah yang akan saya bahas kali ini mengenai masalah atau error yang ada hubungannya dengan pendinginan yang ada di laptop. Masalah "Fan Error" cukup sering terjadi di laptop khususnya laptop merek Lenovo.

Keterangannya bisa "Fan error" saja atau terkadang "CPU Fan Error". Jika kalian pengguna laptop Lenovo Thinkpad dan menemukan artikel ini memang benar bahwa masalah ini merupakan penyakit dari laptop Thinkpad.

Nah yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi masalah tersebut?. Tenang tidak usah khawatir atau panik kalian cukup baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca seperti mengatasi download terlarang di Google Chrome serta kisaran harga baterai Laptop apakah murah atau mahal.

Solusi untuk masalah ini hanyalah satu yaitu membongkar laptop kalian. Setelah membongkar laptop kalian proses pertama dari yang paling sederhana terlebih dahulu seperti membersihkan fan.

Misalnya membersihkan fan atau kipas tetap masih bermasalah silakan cek kabel flexibel apakah terhubung dengan baik dan bisa dilihat masih bagus atau tidak. Setelah kalian cek semua pasang kembali dan nyalakan.

Jika masih tidak bisa kalian bisa coba atur-atur di BIOS. Atur settingan di BIOS menjadi default jika tetap tidak berhasil coba atur pada bagian CMOS. Jika tetap masih bermasalah jalan satu-satunya ialah mengganti fan.

Apabila kalian takut membongkar laptop karena tidak ada keahlian sama sekali saran saya lebih baik langsung bawa ke tempat servis saja. Supaya tidak terkena biaya yang mahal kalian bisa pergi ke tempat servis langganan yang sudah pasti terpercaya.

Biaya penggantian fan tidak begitu mahal karena memang komponen ini termasuk awet. Tetapi untuk di laptop Lenovo seri Thinkpad memang perlu perhatian khusus pada fannya supaya tidak error ataupun cepat rusak.

Tidak perlu penik karena hampir semua pengguna Lenovo Thinkpad khususnya x203, x230, e460, dan t420 mengalami masalah yang sama. Belum tau jenis-jenis Lenovo Thinkpad? jika kalian belum tau kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon