Kunci Layar PIN atau Pola, Mana Yang Lebih Aman?

Kunci Layar PIN atau Pola, Mana Yang Lebih Aman?

KEPOINDONESIA.id - PIN dan Pola merupakan salah satu sistem keamanan layar kunci yang ada di smartphone. Bisa dikatakan semua smartphone menggunakan sistem layar kunci ini karena memang lebih kekinian dan terbilang cukup aman.

Untuk membuka layar kunci kini memang tidak perlu Pola atau PIN langsung karena sudah ada fingerprint dan pemindai wajah. Tetapi Pola dan PIN tetap wajib diaktifkan sebagai sistem keamanan cadangan apabila pemindai keamanan lainnya tidak berfungsi.

Selain Pola dan PIN sebenarnya ada yang lebih aman yaitu Kata Sandi. Tetapi jarang yang menggunakannya karena lebih rumit dan kurang praktis tidak seperti PIN dan Pola. Nah yang menjadi pertanyaan ialah antara Pola dan PIN lebih aman yang mana?.

Lebih aman yang mana sebenarnya relatif tergantung pengguna saat membuat Pola dan PIN. Akan tetapi supaya kalian tau secara dasar kali ini saya akan menjelaskan kelebihan antara keamanan Pola dan PIN.

Akan saya bahas juga lebih aman yang mana untuk referensi kalian. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai apa itu aplikasi pihak ketiga serta cara mengunci aplikasi yang ada di iPhone.

PIN (Passcode)


PIN sudah umum digunakan sebagai sistem keamanan tambahan, karena akan kalian temukan di aplikasi seperti aplikasi perbankan dan aplikasi yang memang didalamnya ada data penting.

PIN menjadi sistem keamanan yang baik apabila kalian bisa membuat kombinasi yang mudah kalian ingat tetapi sulit ditebak orang lain. Sayangnya biasanya perangkat Android membatasi kombinasi PIN seperti hanya bisa 4 digit atau 6 digit saja.

Pola (Pattern)


Sama seperti PIN kombinasi dari Pola sebenarnya juga banyak. Selain banyak juga termasuk sulit. Sayangnya Pola mudah terlupa karena memang sangat sulit diingat karena berbentuk pola bukan angka.

Dibandingkan PIN saya sendiri kurang suka dengan Pola jika memang perangkat termasuk perangkat utama. Tetapi jika kalian tidak perlu keamanan yang ekstra menggunakan Pola jauh lebih praktis dibandingkan PIN ataupun Kata Sandi.

Kesimpulannya tingkat keamanan Pola dan PIN menurut saya sama saja. Hanya saja Pola untuk membuat keamanan yang ekstra butuh kombinasi pola yang rumit. Karena bukan angka kemungkinan lupanya lebih tinggi dibandingkan dengan PIN yang menggunakan angka.

Jika ingin aman dan mudah diingat kalian bisa menggunakan Kata Sandi. Hanya saja Kata Sandi tidak praktis. Tetapi karena sudah ada fingerprint saya kira tidak masalah dan kalian mungkin perlu menginput Kata Sandi beberapa hari sekali.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai perbedaan MPIN dan PIN yang ada di bank BNI. PIN memang kombinasi angka rumit sebagai sistem keamanan tetapi tetap praktis dalam penggunaannya.


EmoticonEmoticon