Ini Dia Perbedaan PIN dan MPIN di Bank BNI

Ini Dia Perbedaan PIN dan MPIN di Bank BNI

KEPOINDONESIA.id - Nomor Identifikasi Pribadi atau yang lebih sering disebut sebagai PIN merupakan salah satu sistem keamanan sederhana yang banyak diterapkan. Dengan kombinasi 4 atau 6 angka PIN sudah cukup untuk menjaga sistem keamanan.

PIN yang merupakan angka sandi rahasia pengguna untuk otentikasi pengguna ke sistem. Secara sederhana PIN sama seperti password atau kata sandi hanya saja PIN hanya berupa angka dan biasanya terbatas.

PIN sering kita jumpai di sistem keamanan ponsel pintar, keamanan kartu perdana, keamanan kartu ATM, serta keamanan Mobile Banking dan Internet Banking. Dalam perbankan terkadang ada 2 jenis PIN yang harus ditentukan oleh pengguna.

Jika kalian hanya menggunakan kartu ATM saja kalian hanya perlu membuat PIN ATM. Sedangkan jika kalian ingin menggunakan Mobile Banking atau Internet Banking kalian juga perlu yang namanya MPIN.

MPIN tidak dijumpai diseluruh Mobile Banking dan Internet Banking. MPIN setahu saya akan kalian jumpai jika kalian ingin login ke aplikasi BNI Mobile Banking. Lalu apa yang dimaksud dengan MPIN itu?

Supaya kalian tau jawabannya kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan MPIN dan PIN. Sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa solusi aplikasi Jenius tidak bisa dibuka atau lemot serta solusi indikator di BCA Mobile merah terus.

PIN


Seperti yang sudah saya jelaskan tadi PIN adalah angka rahasia yang dibuat dan hanya boleh diketahui oleh pengguna saja. PIN berfungsi sebagai sistem keamanan yang mengidetifikasi kepemilikan dengan cara menginput PIN.

PIN pada kartu ATM wajib di input oleh pengguna saat pengguna memasukkan kartu ATM ke mesin ATM. Apapun keperluannya pengguna wajib menginput PIN karena PIN wajib di input untuk proses verifikasi kepemilikan.

MPIN


MPIN sebenarnya sama saja dengan PIN, hanya saja istilah MPIN digunakan untuk PIN Mobile Banking milik bank BNI. MPIN tidak ada hubungannya dengan PIN ATM, artinya kalian bisa membuat MPIN yang sama seperti PIN ATM atau MPIN yang berbeda dengan PIN ATM.

MPIN perlu di input saat mengakses BNI Mobile Banking dan saat melakukan transaksi di aplikasi Mobile Banking bank BNI. Di bank lain juga ada PIN pada aplikasi Mobile Banking mereka, hanya saja istilahnya berbeda.

Jadi itu dia penjelasan dari saya mengenai MPIN dan PIN. PIN ATM adalah kode rahasia yang digunakan untuk mengakses kartu ATM saat di mesin ATM sedangkan MPIN adalah kode keamanan aplikasi BNI Mobile Banking.

Ada pembahasan serupa seperti artikel ini kalian bisa baca cara login KlikBCA. Untuk login ke KlikBCA kalian perlu data login yang berbeda tidak seperti PIN ATM BCA atau password BCA Mobile.


EmoticonEmoticon