Tips Mengunci Aplikasi di iPhone

Tips Mengunci Aplikasi di iPhone

KEPOINDONESIA.id - Demi keamanan walaupun HP sudah memiliki sistem keamanan akan tetapi akan lebih aman lagi mengunci aplikasi-aplikasi khususnya yang di dalamnya memiliki data penting seperti aplikasi perbankan dan Google Drive.

Di Android mengunci aplikasi merupakan perkara yang mudah karena rata-rata sudah menyematkan pengunci aplikasi bawaan. Misalnya tidak tersedia pengunci aplikasi bawaan pengguna bisa install aplikasi App Lock pihak ketiga di Play Store.

Bagaimana dengan iPhone? ternyata di iPhone tidak memiliki fitur pengunci aplikasi yang memang diperuntukan untuk mengunci aplikasi sampai iOS 15 yang baru saja dirilis. Walaupun ada 2 opsi yang bisa kalian gunakan.

2 opsi tadi bisa kalian gunakan untuk mengunci aplikasi yang ada di perangkat iPhone kalian. Apa saja 2 opsi tersebut? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. 2 opsi tadi satu-satunya opsi yang bisa kalian gunakan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa App Store tidak bisa dibuka serta apa yang dimaksud dengan produk FE dan SE.

Cara Mengunci Aplikasi di Perangkat iPhone


1. Menggunakan Aplikasi Pengunci


Sama seperti di Android, jika tidak memiliki fitur pengunci aplikasi bawaan pengguna iPhone bisa menggunakan pengunci aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store. Sayangnya aplikasi yang ada rata-rata tidak bekerja semestinya.

Aplikasi pengunci aplikasi di iOS tidak benar-benar mengunci aplikasi yang sudah dipilih. Kemungkinan besar pihak developer aplikasi kebingungan dengan sistem operasi iOS yang ada di iPhone.

Walaupun aplikasi berbayar kemungkinan tetap ada masalah. Supaya aplikasi App Lock di iPhone bekerja secara maksimal perangkat iPhone harus sudah Jailbreak. Jika belum Jailbreak mengunci aplikasi dengan bantuan aplikasi saya rasa tidak mungkin dilakukan.

2. Manfaatkan Fitur Restrictions


Opsi yang kedua kalian bisa memanfaatkan fitur Restrictions, salah satu fitur menarik yang ada di iOS iPhone. Restrictions dapat membatasi penggunaan aplikasi dan aplikasi tidak akan bisa dibuka jika sudah melebihi batas penggunaan.

Artinya kalian dapat membatasi aplikasi yang ingin kalian kunci supaya aplikasi tadi tidak bisa dibuka. Untuk mengaktifkannya kalian bisa akses Setting>General>Restrictions>Enable Restrictions>Tambah Passcode>Ikuti instruksi selanjutnya dan pilih aplikasi apa yang ingin kalian batasi.

Jadi untuk mengunci aplikasi di iPhone hanya ada 2 opsi, yaitu menggunakan pengunci aplikasi dan memanfaatkan fitur Restrictions. Ada banyak aplikasi yang bisa kalian coba seperti AppLocker dan iProtect.

Tetapi selama perangkat iPhone kalian belum Jailbreak saya tidak menjamin aplikasi pengunci seperti itu dapat bekerja. Itu saja yang bisa saya jelaskan dan kalian haus tau perbedaan Android Auto dan Apple CarPlay yang ada di kendaraan mobil.


EmoticonEmoticon