Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendeteksi SHAREit di PC Padahal Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendeteksi SHAREit di PC Padahal Bisa Dibuka

KEPOINDONEDIA.id - Kehadiran SHAREit beberapa tahun yang lalu membuat pengiriman file antar perangkat menjadi mudah dan cepat. Bisa mengirim file dengan jumlah yang banyak dengan ukuran besar tetapi waktunya tetap cepat tidak seperti Bluetooth.

Bisa dibilang mengirim file menggunakan SHAREit hampir sama cepatnya dengan metode transfer langsung menggunakan kabel data. Tidak hanya untuk perangkat mobile seperti iOS dan Android, SHAREit juga tersedia di perangkat desktop seperti macOS dan Windows.

Tidak heran semenjak adanya SHAREit proses transfer file antara perangkat menjadi hal biasanya yang harus dilakukan dengan cepat. Untuk transfer dari perangkat Android ke perangkat Android mungkin sudah biasa.

Bagaimana jika perangkat mobile ke perangkat desktop atau perangkat Android ke Windows? saya yakin tidak banyak yang melakukannya. Nah saat ingin menghubungkan SHAREit mobile ke SHAREit PC sering kalian tidak bisa alias SHAREit yang ada di PC tidak terdeteksi.

Jika tidak terdeteksi dan muncul keterangan "Tidak ditemukan PC target" maka kalian tidak akan bisa melakukan proses transfer file. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan solusi mengatasi SHAREit PC yang tidak terdeteksi di aplikasi SHAREit mobile.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya mengenai pembahasan SHAREit. Seperti cara merubah lokasi penyimpanan di SHAREit PC serta solusi mengatasi SHAREit tidak bisa terhubung karena permintaan ditolak.

Solusi Mengatasi SHAREit di PC Tidak Terdeteksi di Perangkat Mobile


1. Tidak Terhubung ke Jaringan Wifi Yang Sama


Salah satu syarat supaya proses transfer file menggunakan SHAREit berhasil yaitu harus terhubung ke jaringan yang sama. Jika sesama perangkat mobile salah satu bisa menjadi pemancar dan yang lain sebagai penerima.

Tetapi untuk perangkat PC seperti Windows perangkat hanya bisa jadi penerima saja. Artinya pastikan PC yang kalian gunakan terhubung dengan Tethering Hotspot yang diaktifkan langsung oleh sistem SHAREit yang ada di perangkat mobile.

2. Jarak Terlalu Jauh


Sama halnya dengan Bluetooth kalian tidak bisa jauh-jauh saat ingin mengirim file atau saat proses pengiriman file berlangsung. Saya kurang tau pasti berapa jarak maksimalnya akan tetapi saya kira antara 5 meter - 10 meter dan tidak lebih dari itu.

3. Buka SHAREit Terlebih Dahulu


Ada 2 cara untuk mengirim file lewat SHAREit. Yang pertama langsung kalian pilih opsi bagikan dan pilih SHAREit dan yang kedua kalian buka SHAREit nya terlebih dahulu lalu hubungkan perangkat. Jika sudah terhubung barulah kalian cari file yang ingin kalian kirimkan.

4. Tutup Aplikasi SHAREit dan Rebot Perangkat


Terakhir kalian bisa tutup SHAREit baik yang ada di PC ataupun yang ada di perangkat mobile. Cara ini perlu dilakukan supaya jika awalnya ada gangguan, gangguan akan hilang ketiga aplikasi SHAREit dibuka ulang.

Selain menutup aplikasi SHAREit kalian juga bisa restart perangkat yang kalian miliki. Bisa kalian restart atau reboot kedua-duanya ada salah satunya tergantung mana yang kira-kiranya membuat masalah.

Ada banyak faktor kenapa SHAREit yang di PC tidak terdeteksi pada perangkat mobile. Ada beberapa faktor penyebab yang sudah saya sebutkan, dari pengalaman saya biasanya terjadi karena tidak di jaringan yang sama dan karena aplikasi error dan perlu dibuka kembali.

Masih kalah cepat dengan transfer file lewat kabel data tetapi SHAREit memiliki kelebihan lebih praktis karena tanpa menghubungkan kedua perangkat dengan kabel. Tetapi spesifikasi perangkat juga berpengaruh jika melakukan transfer file menggunakan kabel data.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai tidak mendeteksi saat ingin transfer file lewat SHAREit di PC. Sebelum lanjut jika kalian sering melepas dan memasang kartu SD tanpa mematikan HP kalian bisa baca artikel mengenai bahayanya.


EmoticonEmoticon