Solusi Mengatasi Item Ini Tidak Tersedia di Negara Anda di Play Store

Solusi Mengatasi Item Ini Tidak Tersedia di Negara Anda di Play Store

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi dan game yang ada di Play Store umumnya tersedia untuk semua negara. Jadi misalnya ada banyak aplikasi populer asal Indonesia aplikasi tersebut tetap bisa dicari dan di install oleh pengguna dari negara lain seperti Jepang, Amerika, Inggris, atau yang lainnya.

Jika tidak ada permintaan khusus dari suatu negara untuk memblokir aplikasi terkait maka aplikasi dan game akan ditemukan oleh pengguna Android di seluruh dunia. Jika memang seperti itu bagaimana dengan masalah "Item ini tidak tersedia di negara Anda"?.

Apa kalian pernah mengalaminya? saya kira tidak banyak yang pernah mengalaminya karena masalah ini jarang terjadi. Seperti keterangannya aplikasi tersedia tetapi tidak bisa kita install karena negaranya tidak sesuai.

Kenapa bisa seperti itu dan bagaimana cara mengatasinya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan menjelaskan penyebab aplikasi tidak bisa di install karena tidak tersedia di negara anda dan bagaimana solusi mengatasinya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya mengenai Play Store. Seperti apa yang dimaksud dengan program beta di Play Store serta solusi mengatasi file .APK aplikasi tidak bisa di install.

Penyebab Tidak Bisa Install Aplikasi Karena Tidak Tersedia di Negara Kita


Menurut pendapat saya penyebabnya ada dua. Yang pertama karena memang pengembang atau developer merilis aplikasi terkait hanya di beberapa negara saja. Jadi jika ada pengguna ingin install aplikasi tersebut diluar negara terkait maka tidak akan bisa dan akan muncul keterangan "Item ini tidak tersedia di negara Anda".

Sedangkan penyebab yang kedua karena aplikasi terkait diblokir di negara kita ini. Ada beberapa alasan kenapa ada aplikasi yang diblokir di suatu negara atau wilayah. Salah satunya karena aplikasi tersebut tidak memenuhi kebijakan suatu negara atau karena memang tidak baik digunakan di negara terkait.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi dan Game di Play Store Karena Tidak Tersedia di Negara Kita


Solusi paling mudah kalian bisa unduh file .APK nya lewat internet dan proses installnya menggunakan file .APK. Atau jika tetap ingin install lewat Play Store kalian bisa gunakan VPN tetapi VPN yang benar-benar merubah lokasi dan alamat IP perangkat kalian.

Asalkan bukan karena tidak didukung aplikasi yang tidak tersedia di suatu negara atau wilayah masih bisa kalian atasi. Tetapi jika tidak didukung artinya perangkat kalian memang tidak didukung karena spesifikasinya tidak memenuhi standar.

Untuk menggunakan VPN supaya lokasi perangkat pindah negara biasanya jarang berhasil. Oleh karena itu supaya tidak buang-buang waktu saran saya lebih baik kalian langsung coba cari file .APK nya di internet.

Ada beberapa kelebihan install aplikasi dan game menggunakan file .APK. Yang pertama jarang gagal saat proses download dan yang kedua jika proses install tidak berhasil bisa diulang lagi tanpa perlu download file ulang.

Sekian artikel kali ini mengenai aplikasi dan game yang tidak tersedia di suatu negara. Sebelum saya akhiri jika kalian gagal atau tidak berhasil melakukan pembayaran di layanan Google Play kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi permasalahan tersebut.


EmoticonEmoticon