4 Solusi Mengatasi Tombol Home Samsung Tidak Berfungsi

4 Solusi Mengatasi Tombol Home Samsung Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Tombol home yang ada di smartphone Samsung kini sudah tidak ada lagi. Sejak beberapa tahun yang lalu memang Samsung sudah menghilangkan tombol home yang seharusnya menjadi ciri khas perangkat mereka.

Ada dua varian tombol home yang ada di perangkat Android Samsung. Yang pertama tombol home berfungsi sebagai tombol home dan yang kedua selain berfungsi sebagai tombol home juga berfungsi sebagai sensor Fingerprint.

Menggunakan tombol home dengan tombol fisik pasti memiliki kekurangan yang tidak bisa dihindarkan. Yaitu tombol sulit ditekan, kadang-kadang tidak berfungsi, bahkan tidak jarang ada yang sampai rusak.

Tidak hanya di Samsung, hampir semua perangkat yang menggunakan tombol fisik sebagai tombol home pasti mengalami permasalahan seperti itu. Lalu bagaimana jika tiba-tiba tombol home fisik tiba-tiba tidak bisa ditekan?

Ingat, yang saya sebutkan tiba-tiba tidak bisa ditekan dan tidak berfungsi bukan tidak bisa ditekan sama sekali alias sudah rusak. Jika tombol tidak bisa ditekan ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk tau apa saja yang bisa kalian lakukan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi kecerahan layar otomatis tidak bekerja serta cara mengaktifkan fitur SMS Premium di Android.

Solusi Tombol Home Tidak Berfungsi


1. Pastikan Tombol Masih Normal


Normal disini ialah tombol masih bisa ditekan dan kembali seperti tombol pada umumnya. Cara ini untuk menilai apakah tombol hanya error atau rusak. Jika sudah rusak tidak ada yang bisa kalian lakukan kecuali diperbaiki.

2. Restart Perangkat


Langkah berikutnya jika kalian sudah memastikan bahwa tombol tidak rusak kalian bisa reboot atau restart perangkat kalian. Dengan merestart perangkat berharap tombol home yang awalnya tidak berfungsi menjadi berfungsi kembali.

3. Hapus Aplikasi Yang Berkaitan Dengan Tombol Navigasi


Kalian bisa menghapus aplikasi yang ada kaitannya dengan tombol Recent Apps, Home, dan Back. Walaupun sebenarnya aplikasi tersebut tidak bisa menonaktifkan tombol bawaan akan tetapi tidak ada salahnya kalian mencari tau dan mencobanya.

4. Pastikan Kalian Tidak Mematikan Fungsi Tombol Home


Ini hanya berlaku jika kalian sering melakukan oprek HP. Ada banyak fitur yang bisa dimatikan dengan cara masuk ke sistem. Oleh karena itu jika kalian tidak sengaja menonaktifkan fungsi tombol home kalian bisa lakukan flash ulang perangkat yang kalian miliki.

Nah itu dia beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi tombol home di Samsung yang tidak berfungsi. Walau jarang terjadi akan tetapi kalian wajib tau misalnya kalian masih menggunakan HP Samsung yang masih ada tombol home nya.

Pengisian baterai Andorid tidak penuh-penuh karena pengisian menggunakan daya USB? Untuk mengembalikannya ke AC supaya cepat penuh kalian bisa baca artikel tentang mengatasi pengisian daya USB di Andorid.


EmoticonEmoticon