Solusi Mengatasi Pengisian Daya Tidak Tersedia di iPhone

Solusi Mengatasi Pengisian Daya Tidak Tersedia di iPhone

KEPOINDONESIA.id - Teknologi untuk mendeteksi pengisian yang tidak normal di smartphone dihadirkan supaya baterai perangkat bisa bertahan lama. Karena jika terlalu sering atau dibiasakan pengisian seperti itu sangat buruk dan dapat merusak baterai.

Di Android dan iOS memiliki teknologi serupa yaitu mendeteksi pengisian yang tidak normal. Baik karena ada masalah dibagian port, kabel data, kepala charger, atau suhu perangkat. Untuk di Android salah satu masalah saat pengisian tidak normal yaitu peringatan "Ubah Pengisian Daya".

Ubah pengisian daya di Android sudah pernah saya bahas, misalnya kalian penasaran kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya. Dan untuk kali ini saya akan membahas pada perangkat iOS, yaitu mengenai peringatan "Pengisian Daya Tidak Tersedia".

Atau peringatan lengkapnya seperti ini "Pengisian Daya Tidak Tersedia. Cairan telah terdeteksi di koneksi Lightning. Cabut agar koneksi dapat mengering. iPhone dapat rusak jika diisi daya sekarang.".

Bagaimana solusinya? untuk tau solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan jelaskan untuk kalian semua supaya kalian semua tau. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa boleh mengecas baterai HP saat 30% atau saat 80% serta apa fungsi dari USB Hub yang banyak digunakan di Laptop.

Untuk solusi dan cara mengatasinya seperti yang sudah dijelaskan pada pop up peringatan yang muncul. Yaitu kalian harus mengeringkan konektor Lightning terlebih dahulu dan pastikan konektor benar-benar kering.

Karena jika belum kering dan saat ingin melakukan pengecasan peringatan tersebut masih muncul dan kalian abaikan maka kemungkinan iPhone yang kalian miliki bisa rusak khususnya pada bagian baterai.

Selain dari sisi port nya yang ada sedikit air atau lembab peringatan tersebut juga bisa muncul karena ada masalah pada kabel data atau kabel Lightningnya. Bisa karena ada yang putus karena kabel sering di lipat atau tertekuk atau karena penyebab lainnya.

Demi keamanan iPhone kalian saran saya jika notifikasi atau peringatan Pengisian Daya Tidak Tersedia belum hilang jangan kalian paksakan untuk melakukan pengecasan. Cobalah cari penyebab dan solusinya supaya peringatan tersebut tidak muncul kembali.

Selain karena port Lightning yang terdapat cairan terkadang ada peringatan lainnya yang serupa. Jika peringatan tidak hilang maka perlu tindak lanjut, tetapi jika muncul beberapa detik dan hilang sendiri maka tidak ada yang perlu kalian khawatirkan.

Itu saja pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua. Masalah saat proses charging HP juga sering muncul saat melakukan pengecasan dengan Powerbank. Tidak selamanya Powerbank buruk untuk kesehatan baterai, akan tetapi saran saya jika tidak terlalu dibutuhkan jangan gunakan Powerbank.


EmoticonEmoticon