Alasan Kenapa Sistem Rem ABS di Motor dan Mobil Tidak Pakem

Alasan Kenapa Sistem Rem ABS di Motor dan Mobil Tidak Pakem

KEPOINDONESIA.id - Sistem rem ABS mulai banyak digunakan pada kendaraan sepeda motor dan sudah umum ditemukan di kendaraan ringan seperti mobil. Tidak banyak yang tau mengenai apa itu ABS, bagaimana cara kerjanya, dan kekurangan dari sistem pengereman yang satu ini.

Mengenai apa itu ABS akan saya ulas sedikit supaya kalian tau. ABS atau Anti-lock Brake System merupakan sistem pengereman yang mencegah roda berhenti berputar saat sistem rem sedang digunakan.

Karena jika sampai roda berhenti maka akan timbul yang namanya slip. Slip memang keren akan tetapi selain gaya geseknya besar yang membuat kendaraan berhenti lebih jauh hal ini juga snagat berbaya.

Ciri khusus sistem pengereman ABS ialah tidak pakem. Terlihat tidak pakem tetapi sebenarnya kinerja efektif dibandingkan dengan sistem pengereman biasa 'cakram' masih sama. Untuk lebih jelas mengenai pembahasan tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya. Seperti apa yang disebut dengan sistem pengereman Smart Lock System motor Yamaha serta kelebihan dan kekurangan sistem pengereman cakram atau disc brake.

Seperti namanya rem ABS yang tidak pakem merupakan salah satu cara kerja sistem ABS itu sendiri. Sistem pengereman akan mendorong cakram sampai batas tertentu sampai sensor mendeteksi bahwa roda kehilangan transaksi dengan jalan.

Akan ada feedback pada pedal atau tuas rem ketika sistem pengereman ABS bekerja yaitu seperti ada dorongan balik. Selama roda tidak kehilangan traksi dengan jalan sistem pengereman akan bekerja seperti pada umumnya.

Mengerem menggunakan rem ABS akan sangat membantu saat melewati jalan yang licin baik karena air hujan, lumpur, ataupun pasir. Di sepeda motor mulai dari motor matik hingga sport sudah banyak yang menggunakan sistem pengereman ini.

Asalkan bisa mengurangi kecepatan kendaraan bisa dikatakan pengereman ABS normal. Jika tidak bisa digunakan sampai ban benar-benar berhenti berputar ini sangatlah wajar karena cara kerja ABS memang seperti itu.

Untuk pengereman belakang saya kira tidak perlu rem ABS karena feeling pengendara akan kurang. Tetapi untuk pengereman roda depan saya kira ABS sangat penting untuk menghindari ban depan yang selip.

Selain pembahasan mengenai ABS yang tidak pakem kalian bisa baca artikel mengenai tips lewat tanjakan menggunakan motor matik. Jika sendiri mungkin bukan masalah besar tetapi masalah muncul ketika berboncengan.


EmoticonEmoticon