Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram atau Disc Brake

Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram atau Disc Brake

KEPOINDONESIA.id - Cakram bisa dibilang menjadi sistem pengereman terbaik yang bisa digunakan hampir di semua jenis kendaraan. Sebagai contoh pada mobil dan sepeda motor, kini hampir semua menggunakan rem cakram khususnya pada rem depan.

Kenapa saya bilang hampir semua kendaraan? karena memang cakram tidak cocok untuk beberapa tipe kendaraan seperti kendaraan berat. Tidak cocok karena kelemahan rem cakram sangat berbahaya jika digunakan di kendaraan berat.

Kendaraan berat seperti truk masih menggunakan sistem pengereman tromol yang jauh lebih aman dari pada cakram. Sedangkan pada kendaraan ringan cakram sangat cocok dan wajib digunakan untuk meningkatkan pengereman.

Rem Cakram atau Disk Brake bekerja dengan cara menjepit cakram supaya kecepatan kendaraan bisa berkurang. Sedangkan pengereman tromol kampas akan menahan tromol supaya laju kendaraan lebih lambat.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan sistem pengereman menggunakan cakram? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara kerja Smart Lock System di motor Yamaha serta tips menanjak menggunakan motor matic.

Kelebihan Rem Cakram


1. Lebih Pakem


Jelas sistem pengereman ini lebih pakem dari pada tromol. Karena cakram di himpit oleh dua sisi sedangkan pengerem tromol hanya satu isi saja. Selain lebih pakem juga lebih ringan dari pada pengereman tromol.


2. Bentuk Rem Menarik


Selain kegunaan salah satu hal yang membuat rem cakram banyak diminati yaitu penampilannya yang menarik dan menambah nilai plus tersendiri. Pengguna bebas mengganti komponen rem cakram supaya lebih keren lagi.

3. Lebih Responsif


Yang terakhir rem cakram lebih responsif saat digunakan daripada rem cakram. Ini bisa terjadi karena cara kerja rem cakram menggunakan fluida bukan mekanisme mekanik jadi tenaga yang perlu dikeluarkan sangatlah sedikit.

Kekurangan Rem Cakram


1. Gampang Overheat


Salah satu kekurangan fatal yang ada di rem cakram yaitu gampang overheat dan akan menyebabkan rem blong. Walaupun sudah didesain sedemikian rupa entah kenapa cakram tetap gampang panas dari pada tromol yang notabenenya lebih tertutup.


2. Gampang Gampang Rusak


Untuk kekurangan yang satu ini mungkin tergantung dari letak cakramnya. Untuk cakram sepeda motor karena diluar mungkin akan cepat rusak seperti ketabrak atau yang lainnya. Sedangkan untuk cakram mobil tidak.

3. Pemasangan Sulit


Tidak seperti rem tromol, rem cakram cukup sulit dipasang supaya tidak terjadi masalah. Semua komponen harus di cek bahwa normal dan bekerja semestinya. Jika ada yang tidak normal rem cakram tidak nyaman digunakan.

Baik tromol atau cakram keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kenapa cakram terlihat lebih mahal karena tidak selalu di aplikasikan? saya sendiri kurang tau akan tetapi yang jelas keduanya saling melengkapi.

Mungkin itu saya yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Motor terasa berat saat digunakan? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang kenapa motor sering berat saat digunakan.


EmoticonEmoticon