3 Tips Menanjak Menggunakan Motor Matik Supaya Tidak Berhenti atau Mundur

3 Tips Menanjak Menggunakan Motor Matik Supaya Tidak Berhenti atau Mundur

KEPOINDONESIA.id - Motor matik adalah sepeda motor yang paling banyak kita temui di jalan. Kemudahan menggunakan motor ini salah satu penyebab kenapa matik banyak di pilih oleh orang-orang.

Sebelum matik banyak memiliki varian motor bebek adalah motor pilihan banyak orang. Karena motor ini murah dan nyaman dari pada motor sport.

Pernyataan yang menyatakan motor matik boros sudah tidak ada lagi. Karena dulu salah satu faktor kenapa orang-orang enggan memilih motor tipe ini karena motor matik terkenal boros.

Seperti namanya motor matik tidak perlu memindah gigi pada saat digunakan baik secara otomatis atau secara manual. Karena motor matik menggunakan CVT.

Keunggulan ini lah yang menyebabkan motor matik kurang cocok digunakan pada jalan menanjak dan menurun secara terus menerus. Selain tidak ada pengereman tambahan terkadang motor matik sulit menanjak.

Supaya kalian tau tips menanjak menggunakan motor matik kali ini saya akan menjelaskannya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi lampu DRL di mobil serta letak nomor rangka dan nomor mesin sepeda motor

Tips Menanjak di Tanjakan Menggunakan Motor Matik


1. Sesuaikan Kecepatan Motor Dengan Beban Pengendara dan Penumpang


Motor matik sangat penting menanjak dalam keadaan kecepatan yang lumayan tinggi khususnya jika membawa penumpang. Karena jika berjalan pelan motor akan kehilangan tenaga.

Ini mungkin tidak berlaku jika kalian tidak membawa penumpang. Tetapi jika kalian membawa penumpang dan total beban cukup berat kalian harus mempertimbangkannya.

2. Jaga RPM


Tidak hanya di sepeda motor dan motor matik saja, penyebab kendaraan gagal menanjak rata-rata karena RPM mesin turun . RPM yang turun biasanya disebabkan karena pengendaran sudah yakin kalau kendaraannya kuat menanjak.

Kasus seperti ini sangat sering terjadi baik di kendaraan manual atau otomatis. Kalian harus pandai-pandai menjaga RPM mesin supaya tenaga mesin tidak hilang di tengah tanjakan.

3. Jangan Sesekali Memperlambat Kendaraan di Tanjakan


Ini sangat sulit di lakukan jika jalan dalam keadaan ramai. Sama seperti tips kedua, menjaga atau mempercepat kendaraan berguna supaya tenaga mesin tetap ada.

Memperlambat kendaraan hanya akan menurunkan RPM dan menyebabkan tenaga mesin menjadi berkurang hingga hilang. Jika jalan ramai cobalah berjalan lambat tetapi jaga RPM supaya tetap tinggi.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kalian gunakan saat menanjak dengan sepeda motor matik. Untuk motor bebek dan manual sebenarnya hampir sama, tetapi tetap ada perbedaan karena transmisi yang digunakan berbeda.

Sering mendengar istilah Android Auto dan Apple CarPlay? jika kalian sering mendengar istilah tersebut kalian bisa baca apa yang disebut dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Teknologi yang hampir sama tetapi namanya yang berbeda.


EmoticonEmoticon