Alasan Kenapa Banyak Orang Tidak Melumasi Rantai Sepeda Motor Miliknya

Alasan Kenapa Banyak Orang Tidak Melumasi Rantai Sepeda Motor Miliknya

KEPOINDONESIA.id - Rantai sepeda motor bagusnya selalu dilumasi supaya kinerjanya maksimal. Apabila tidak dilumasi dan kering rantai akan berbunyi, putaran roda belakang akan terganggu, dan membuat rantai dan gear menjadi cepat aus.

Melumasi rantai juga harus secukupnya, selain secukupnya juga tidak boleh sembarangan. Jika ingin irit kalian bisa gunakan oli bekas. Tetapi jika ada uang lebih kalian bisa gunakan oli baru atau pelumas khusus rantai.

Lumasi secukupnya dan jangan terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak hanya akan sia-sia dan membuat bagian sepeda motor yang dekat rantai menjadi kotor. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa banyak orang yang enggan melumasi rantai motor mereka?.

Apa karena lupa? atau karena hemat biaya? tentu saja masing-masing orang memiliki alasan tersendiri. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai alasan kenapa beberapa orang tidak melumasi atau tidak suka apabila rantai sepeda motornya dilumasi.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara memperbaiki footstep belakang sepeda motor yang kendor serta ciri-ciri kopling sepeda motor aus dan minta diganti.

Alasan utama kenapa seseorang tidak melumasi rantai sepeda motor mereka selain lupa yaitu karena tidak mau rantainya kotor. Seperti yang kalian ketahui walaupun dilumasi sedikit tetapi ketika motor berjalan rantai tetap berputar.

Karena berputar biasanya pelumas akan nyiprat kemana-mana dan membuat bagian yang dengan dengan rantai menjadi sedikit kotor. Nah alasan inilah yang membuat kebanyakan orang tidak melumasi rantai dan membiarkan rantainya kering.

Apakah hal ini dibenarkan? tentu saja tidak. Rantai kering membuat rantai sulit mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda belakang. Selain itu gesekan rantai dengan gear juga membuat rantai dan gear menjadi cepat aus.

Jadi jika kalian menegur seseorang kenapa rantai sepeda motornya tidak dilumasi alasannya yaitu karena mereka tidak ingin rantainya menjadi kotor. Efek kerusakannya sebenarnya jauh lebih besar daripada hanya sekedar kotor saja yang bisa dibersihkan kembali.

Akan tetapi tetap saja orang seperti itu ngeyel dan lebih baik rantainya kering supaya tidak mengotori motor milik mereka. Kotor di dekat rantai sangatlah wajar dan seiring berjalannya waktu sebenarnya akan hilang sendiri apalagi jika kalian bersihkan sendiri.

Selain rantai motor mungkin kalian sudah tidak asing dengan istilah setel CO di motor Yamaha. Apabila kalian tidak tau apa yang dimaksud dengan CO dan bagaimana cara setelnya kalian bisa baca artikel mengenai cara setel CO untuk motor Yamaha.


EmoticonEmoticon