Sering Melihat Orang Menggunakan Kata Bedes? Ini Dia Penjelasan dan Artinya

Sering Melihat Orang Menggunakan Kata Bedes? Ini Dia Penjelasan dan Artinya

KEPOINDONESIA.id - Setiap orang pasti memiliki kebiasaan mengucapkan kata-kata tertentu yang kadang muncul secara alami. Hal ini karena sudah terbiasa dan kata tersebut dirasa cocok bagi orang tersebut. Karena jika tidak terbiasa, orang akan lupa mengucapkan kata yang dimaksud jika ingin menirukan orang yang sudah terbiasa.

Seperti yang sudah pernah saya bahas yaitu Mendes dan Gondes, kalimat atau kata yang akan saya bahas kali ini sering digunakan oleh masyarakat Jawa. Bukan hanya itu saja, kalimat ini sebenarnya cukup kasar tidak seperti pada artikel yang pernah saya bahas.

Pasti kalian sering mendengar istilah Bedes? Bedes adalah kata tambahan yang sering diucapkan oleh seseorang jika jengkel. Selain diucapkan saat jengkel, bedes juga termasuk kata ejekan yang sering digunakan sebagai kata ganti orang.

Berikut beberapa kalimat yang menggunakan kata bedes seperti "Oalah bedes, piye to", "Kie bedes e ning kene", "Wis budal mangkat jebule prei, oalah bedes.". Untuk di Jawa Tengah dan Jawa Timur penggunaan bedes ini cukup sering saya dengar.

Sedangkan untuk di Jawa Barat saya kurang tau. Lalu apa itu yang dinamakan bedes? Saya akan jelaskan sedikit mengenai hal tersebut. Namun sebelum itu kalian bisa baca pengertian Sold Out, Booking, dan Booked serta apa yang dimaksud pembeli CLBK.

Bedes sendiri nama lain dari Monyet, jadi penggunaan bedes sama seperti jika kita menggunakan kata kasar hewan berkaki empat. Namun bedes ini lebih memiliki makna keakraban tidak seperti kata kasar hewan berkaki empat.

Karena jika Bedes jika di singkat menjadi des, hampir sama seperti Mendes atau Gondes. Jadi bedes memiliki 2 kegunaan, bisa digunakan sebagai kata keakraban sesama teman atau sahabat atau kata tambahan untuk mengungkapkan kekesalan.

Yang pasti kalian jangan gunakan kata bedes ini pada orang yang baru kita kenal. Hal ini mencegah orang tersebut merasa di hina atau direndahkan karena dipanggil seperti itu. Jika pada teman atau orang yang sudah kita kenal tidak apa-apa.


EmoticonEmoticon