Perbedaan Antara Tukang Bangunan dan Kenek Bangunan, Ternyata Beda Pekerjaan

Perbedaan Antara Tukang Bangunan dan Kenek Bangunan, Ternyata Beda Pekerjaan

KEPOINDONESIA.id - Jika kita ingin membetulkan perabotan rumah yang rusak, renovasi rumah, ataupun membangun rumah pasti jasa yang akan kita butuhkan yaitu tukang. Mungkin dari kalian hanya tau bahwa tukang merupakan orang yang pekerjaannya berkaitan dengan bangunan.

Namun jika kita ingin merenovasi rumah atau membangun rumah, kita tidak cukup dengan tukang saja. Karena untuk membantu suatu bangun harus diperhitungkan dengan matang dan pembagian tugasnya harus jelas supaya saat proses pembangaunnya tidak terjadi masalah teknis.

Sebelum kita bahas mengenai tukang lebih jauh, alangkah baiknya kalian membaca cara menukar uang baru di Bank yang benar serta daftar plat nomor seleruh Indonesia lengkap. Berikut penjelasan Tukang dan Kenek Bangunan.

Tukang Bangunan atau yang sering disebut tukang adalah orang yang mempunyai tanggung jawab sesuai ketrampilan yang dimiliki. Seperti tukang kayu, tukang besi, tukang kramik, dan yang lain-lainnya. Sudah dipastikan bahwa tukang sudah menguasai job yang mereka kuasai.

Skill dari tukang ini sudah pasti sudah sangat teruji dan jam kerjanya bisa dibilang sudah cukup lama. Selain menguasai 1 jenis ketrampilan, banyak tukang yang menguasai ketrampilan yang lainnya.

Selain Tukang, ada juga Kenek Bangunan. Mungkin untuk kenek ini kalian baru tau, mungkin juga sudah ada yang tau. Tukang bisa jadi kenek untuk dirinya sendiri, namun kenek tidak bisa jadi tukang untuk dirinya ataupun orang lain.

Kenek Bangunan ialah orang yang tugasnya membantu tukang bangunan dalam hal mempersiapkan kebutuhan tukang seperti menyiapakan material dan bahan yang ingin digunakan. Seperti membawa batu, mengaduk pasir ataupun membawa adukan semen.

Bisa dibilang kenek lebih ke persiapan bahan sedangkan tukang yang mengeksekusi dan membangun bangunan itu. Dari segi ongkos, tukang jelas lebih mahal dari pada kenek. Sekitar 30% lebih mahal ongkos tukang dari pada kenek.

Sebagai contoh ogkos jasa tukang bangunan 100 ribu, untuk keneknya 70 ribu perhari. Untuk ongkos secara umum, tiap daerah berbeda-beda. Yang pasti daerah perkotaan lebih mahal dari pada perkampungan.


EmoticonEmoticon