3 Penyebab Widget Tidak Muncul

3 Penyebab Widget Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Widget adalah salah satu fitur pendukung aplikasi yang menampilkan data-data penting. Singkatnya dengan menambahkan widget pengguna dapat melihat data dan informasi penting di layar utama tanpa perlu membuka aplikasi.

Tidak semua aplikasi mendukung widget, karena adanya widget tergantung dari developer ingin menyematkan fitur ini atau tidak. Selain itu widget aplikasi tidak muncul tanpa pengguna tambahkan.

Supaya widget ada di layar depan atau home screen, maka pengguna harus menambahkan widget terkait terlebih dahulu. Hampir semua perangkat elektronik yang menggunakan sistem operasi sudah mendukung widget.

Seperti di perangkat Android, iOS, dan Windows. Tetapi terkadang widget tidak muncul yang sebelumnya ada. Ada beberapa penyebab widget yang sebelumnya ada tiba-tiba hilang, salah satunya karena terhapus.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan widget tidak muncul. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menambah widget jam di layar depan Android serta cara mudah mengakses Google Discovery.

Penyebab Kenapa Widget Bisa Tidak Muncul


1. Belum Ditambahkan


Kemungkinan besar karena widget belum ditambahkan. Sebagai contoh aplikasi WhatsApp sudah mendukung widget layar depan. Nah untuk bisa menampilkan chat WA tanpa membuka aplikasi kalian harus menambahkan widget WhatsApp terlebih dahulu.

Karena widget tersebut tidak akan tampil secara otomatis tanpa ditambahkan secara manual. Untuk cara menambah widget di masing-masing perangkat berbeda-beda, kalian bisa cari dan coba sendiri.

2. Belum Selesai Ditambahkan


Yang kedua karena widget belum selesai ditambahkan. Karena widget jika belum terpasang dengar benar secara otomatis widget akan terhapus alias gagal ditambahkan. Pastikan ada ruang tersedia sebelum menambahkan widget ke layar depan.

3. Aplikasi Tidak Mendukung Widget


Penyebab terakhir karena aplikasi tidak mendukung widget. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak semua aplikasi mendukung widget. Hanya beberapa aplikasi saja yang memang widget tersebut dibutuhkan.

Jika aplikasi memang tidak mendukung widget, tidak ada yang bisa kalian lakukan. Karena kalian tidak akan bisa menambahkan widget dari aplikasi tersebut.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan widget tidak muncul. Tambahan saja, semakin banyak widget dan aplikasi yang ada di layar depan maka pengguna baterai perangkat kalian akan semakin boros juga.

Selain boros juga dapat menurunkan kinerja perangkat. Itu saja penjelasan dari saya semoga bermanfaat. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Time Frame? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel tentang apa itu Time Frame.


EmoticonEmoticon