4 Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di Android

4 Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di Android

KEPOINDONESIA.id - Salah satu fitur yang sudah ada sejak OS Android muncul beberapa tahun yang lalu yaitu fitur Rotate atau rotasi. Fitur ini bisa mengubah tampilan layar yang awalnya tegak menjadi datar seperti pada sebuah Komputer dan Laptop.

Mudahnya bisa merubah tampilan layar dari portrait menjadi landscape kapanpun pengguna menginginkannya. Tidak harus saat bermain game atau menonton video, tampilan landscape bisa diubah kapanpun.

Aplikasi dan ikon akan menyesuaikan dengan tampilan, oleh karena itu terkadang fitur ini tidak membantu karena tampilan menjadi lebih sempit. Yang menjadi masalah jika rotasi di Android tiba-tiba tidak bisa digunakan.

Saya yakin ada beberapa dari kalian yang pernah mengalami tidak bisa merubah layar dari portrait menjadi landscape atau sebaliknya. Jika masalah timbul hanya sebentar atau karena kalian kurang saat memutar perangkat kalian tidak perlu khawatir.

Tetapi jika sudah kalian coba putar perangkat yang kalian gunakan tetapi tidak mau berotasi, mungkin ada beberapa masalah. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi rotasi yang tidak mau berfungsi.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kelebihan launcher bawaan dari pada launcher pihak ketiga serta cara melihat pesan berbintang di WA.

Solusi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi


1. Fitur Rotasi Belum Diaktifkan atau Dimatikan


Untuk mencegah rotasi secara tiba-tiba biasanya di Android fitur rotasi otomatis bisa di matikan. Selain bisa dimatikan beberapa produsen lebih suka menyematkan fitur pengaktifan rotasi otomatis.

Intinya jika rotasi otomatis belum aktif kalian tidak akan bisa merubah atau mengganti tampilan layar dari portrait ke landscape. Akan tetapi jika sedang berada di tampilan landscape lalu kalian mematikan rotasi otomatis kemungkinan akan kembali ke tampilan portrait lagi.

2. Aplikasi Tidak Mendukung


Berikutnya karena aplikasi yang kalian gunakan tidak mendukung tampilan landscape. Jika aplikasi tidak mendukung dan kalian mengaktifkan fitur rotasi maka saat kalian memiringkan HP di dalam aplikasi tersebut layar tidak akan berubah.

Akan tetapi jika kalian melakukannya di home screen atau di aplikasi yang mendukung fitur rotasi maka akan langsung berubah. Oleh sebab itu pastikan juga bahwa aplikasi yang ingin kalian ubah tampilannya mendukung fitur rotasi.

3. Reboot


Sudah mengaktifkan fitur rotasi otomatis dan sudah mencobanya di aplikasi yang mendukung atau di home screen tetapi tetap tidak berhasil, lalu bagaimana solusinya? Kalian bisa reboot perangkat yang kalian miliki terlebih dahulu.

4. Sensor Accelerometer Bermasalah


Jika sudah melakukan reboot perangkat tetapi tetap saja rotasi layar tidak bekerja kemungkinan besar sensor rotasi atau accelerometer di perangkat yang kalian gunakan bermasalah.

Baik error atau rusak, intinya tidak bisa digunakan. Oleh karena itu kalian bisa mencoba lakukan test sensor terlebih dahulu di mode Hardware Test. Jika sensor tidak bergerak atau geraknya lambat kemungkinan besar memang rusak.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi rotasi layar yang tidak mau bekerja. Kasus ini sangat jarang terjadi seperti kerusakan pada sensor lainnya. Kecuali jika perangkat atau HP yang kalian gunakan sangat sering terjatuh.

Semoga pembahasan saya mengenai masalah rotasi layar yang tidak berfungsi bermanfaat bagi kalian. Ingin mengecilkan ikon dan teks di Xiaomi? kalian bisa baca cara mengecilkan tampilan di HP Android Xiaomi.


EmoticonEmoticon