Sabtu, 05 Oktober 2019

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Android Untuk Membatasi Ponsel Anak

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Android Untuk Membatasi Ponsel Anak

KEPOINDONESIA.id - Kontrol orang tua kepada anak untuk saat ini sangat perlu sekali, jika perlu orang tua wajib memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih. Seperti halnya jika anak belum cukup umum diberikan sebuah gadget/ponsel pintar/smartphone, orang tua harus bisa mengakses HP anak, atau jika tidak cukup memiliki kontrol tersendiri.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat sekali. Mulai dari Hardware sampai Software mulai ada teknologi-teknologi yang terbaru. Saya rasa perkembangan teknologi ini terlalu cepat dengan banyaknya produsen dan developer baru juga.

Nah salah satu fitur di HP Android yang disediakan oleh Google Play Store ialah fitur Kontrol Orang Tua. Semua pengguna ponsel Android, bisa leluasa mencari, mendownload, serta menginstall aplikasi-aplikasi dan game di Play Store.

Baik itu aplikasi yang berguna sampai aplikasi yang tidak diperuntukan oleh beberapa pengguna. Pengguna Remaja sampai Dewasa pun jika orang tersebut masih awam dan baru tau hal baru mengenai dunia internet dan teknologi, hal hal yang tidak diinginkan pun bisa saja terjadi.

Apalagi jika anak kecil memiliki sebuah smartphone yang seharusnya tidak dimilikinya. Jika anak kecil yang memiliki sebuah smartphone dan menggunakan Internet ataupun Play Store, saya jamin mereka akan mudah tertipu dengan tampilannya saja, sebagai contoh judul atau nama dari sebuah aplikasi atau game.

Mungkin juga akan menginstall aplikasi-aplikasi yang aneh, setelah itu akan mencari informasi tentang hal yang baru mereka ketahui dan akibatnya akan berkepanjangan. Nah sebelum itu terjadi, bagi kalian orang tau, atau yang memiliki adik kecil wajib sekali mengaktifkan fitur kontrol orang tua ini.

Jika sudah di aktifkan maka selain orang yang mengaktifkan tadi, orang lain tidak akan bisa menonaktifkan kontrol orang tua di Android Google Play Store. Dan nanti jika sudah diaktifkan dan memilih kategori yang ingin di kontrol, maka jika anak akan menginstall sebuah aplikasi atau game akan muncul peringatan seperti ini "Kontrol orang tua membatasi download item ini".

Jadi anak tidak akan bisa menginstall aplikasi yang dipilih tadi. Dan untuk menghapus izin orang tua harus orang yang mengaktifkannya tadi yang bisa, karena terdapat PIN saat mengakses fitur ini. Jadi kalian bisa mengikuti cara dibawah untuk bisa mengatifkan fitur kontrol orang tua ini.

Namun sebelum itu jika kalian baru saja install aplikasi Call o f Duty: Mobile namun tidak bisa dibuka, kalian bisa baca penyebab tidak bisa masuk game Call of Duty Mobile serta cara mengatasi download lama di Play Store.

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Android


1. Nah untuk mengaktifkan kontrol orang tua ini, silakan buka aplikasi Play Store nya terlebih dahulu

2. Jika sudah di halaman depan Play Store, silakan klik tombol menu garis tiga di pojok kiri atas

2. Jika sudah di halaman depan Play Store, silakan klik tombol menu garis tiga di pojok kiri atas

3. Kemudian pilih Setelan

3. Kemudian pilih Setelan

4. Selanjutnya pilih Kontrol Orang Tua. Jika belum di aktifkan statusnya terlihat nonaktif

4. Selanjutnya pilih Kontrol Orang Tua. Jika belum di aktifkan statusnya terlihat nonaktif

5. Untuk mengaktifkannya, silakan geser ke kanan

5. Untuk mengaktifkannya, silakan geser ke kanan

6. Buat PIN, lalu klik Oke

6. Buat PIN, lalu klik Oke

7. Terakhir, konfirmasi PIN lalu klik Oke

7. Terakhir, konfirmasi PIN lalu klik Oke

8. Untuk mengatur batasan Konten, kalian bisa mengaturnya di Kontrol orang tua bagian Aplikasi & Game lalu pilih rating mulai dari 3+, 7+, 12+, 16+, dan 18+ atau izinkan semua.

Nah itu dia cara supaya anak tidak bisa menginstall aplikasi sembarangan di Play Store. Jika anak mencoba untuk menonaktifkan fitur kontrol orang tua ini tidak akan bisa, karena wajib memasukan PIN yang sama seperti pada saat diaktifkan.

Yang terpenting jika anak bertanya kok ini tidak bisa, kalian atau anda para orang tua bisa membuat alasan bahwa itu bawaan dari HP nya atau sebagainya, jangan samapai anak mencurigai kita. Selain itu jika aplikasi Gmail tidak bisa dibuka, mungkin cara mengatasi tidak bisa membuka aplikasi Gmail akan bermanfaat bagi kalian smeua. 


EmoticonEmoticon