Mencegah dan Cara Mengatasi Saldo DANA Yang Terpotong atau Berkurang Sendiri

Mencegah dan Cara Mengatasi Saldo DANA Yang Terpotong atau Berkurang Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini cukup banyak yang mengeluhkan saldo di akun DANA Dompet Digital berkurang atau terpotong sendiri padahal pengguna tidak melakukan pembayaran dan transaksi sama sekali.

Ketika di cek di riwayat ternyata ada transaksi otomatis dari layanan tertentu yang menyebabkan saldo di akun DANA menjadi terpotong. Tidak hanya satu atau dua orang tetapi yang mengalami masalah ini terbilang banyak.

Layanan yang memotong saldo DANA juga bervariasi jadi tidak bisa saya sebutkan. Nah yang menjadi pertanyaan dan sorotan banyak orang kenapa bisa seperti itu? tentu saja bisa jika kalian menghubungkan dan pernah melakukan transaksi di layanan terkait.

Atau berkurang dan terpotongnya saldo DANA juga bisa terjadi karena kamu berlangganan sesuatu dan metode pembayaran menggunakan akun DANA Dompet Digital. Bagaimana cara mengatasinya jika sudah seperti itu supaya saldo DANA tidak hilang sendiri lagi?.

Dan bagaimana cara mencegahnya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi transfer uang ke rekening pending lewat DANA serta cara mengatasi OVO PayLater yang tidak bisa dibuka dan mendaftar.

Cara Mencegah Saldo DANA Berkurang, Terpotong, atau Hilang Sendiri


Yang pertama kalian harus selalu membaca ketentuan saat melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran DANA khususnya saat melakukan pembelian yang sifatnya digital seperti fitur VIP atau Premium.

Apakah fitur tersebut jika sudah mau habis akan langsung menarik saldo dari akun DANA atau tidak. Jika iya lebih baik kalian gunakan metode pembayaran lainnya yang sekali pakai. Jika tidak kalian bisa lanjutkan saja.

Selain itu kalian jangan asal menghubungkan akun DANA di akun lainnya. Di beberapa layanan memang pembayaran DANA hanya di gunakan satu kali. Tetapi di beberapa layanan lainnya DANA dijadikan metode pembayaran jadi akan tersimpan terus.

Untuk lebih amannya kalian bisa cek menu Merchant terhubung di aplikasi DANA dan kalian bisa putus saja jika dirasa jarang kalian gunakan dan tidak terlalu penting. Asalkan kalian tidak berlangganan sesuatu dan tidak menghubungkan akun DANA secara sembarangan seharusnya aman-aman saja.

Cara Mengatasi Saldo DANA Yang Terpotong, Hilang, atau Berkurang Sendiri


Cara paling mudah kalian bisa putus semua hubungan antara akun DANA dengan akun lainnya di menu Merchant. Kalian bisa putus semuanya supaya lebih aman dan misalnya dibutuhkan lagi kalian bisa hubungkan kembali.

Selain itu kalian bisa hapus DANA sebagai metode pembayaran serta kalian bisa berhenti berlengganan di layanan yang sedang kalian gunakan sekarang. Selama masih berlangganan maka saldo DANA kalian akan terus berkurang ketika waktunya pembayaran.

Kalian bisa cek di riwayat layanan mana yang melakukan transaksi DANA tanpa sepengetahuan kalian. Dan kalian ingat kembali apakah kalian sedang berlangganan dan jika iya lebih baik kalian akhiri saja langganannya.

Jadi itu dia beberapa tips mencegah supaya saldo DANA tidak berkurang dan terpotong sendiri serta saya jelaskan juga solusi mengatasi saldo DANA yang sudah terpotong supaya tidak semakin banyak saldo yang berkurang.

Harusnya DANA menerapkan sistem konfirmasi atau menambahkan keterangan yang lebih detail mengenai langganan. Karena langganan akan terus mengambil dana di saldo supaya langganan terus berjalan kecuali saldo di akun DANA kosong maka langganan akan otomatis berhenti.

Itu saja yang bisa saya jelaskan sebelum saya akhiri kalian bisa baca mengenai kode rujukan saat mendaftar DANA. Dengan kode rujukan kalian bisa mendapatkan voucher ketika pertama kali mendaftar akun DANA.


EmoticonEmoticon