Kamis, 07 Maret 2019

Penjelasan Layar Gerak-Gerak Sendiri atau Ghost Touch di Asus Zenfone Max Pro (M2) dan Asus Zenfone Max (M2)

Asus Zenfone Max Pro (M2) Ghost Touch

KEPOINDONESIA.id - Memiliki HP atau Smartphone yang bagus dengan harga yang murah merupakan impian saya, mungkin impian kalian juga. Namun HP yang bagus serta memiliki spesifikasi yang tinggi pasti memiliki beberapa kekurangan seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang mengidap penyakit Ghost Touch. Ghost Touch sendiri merupakan istilah dimana layar sentuh bergerak dan loncat-loncat sendiri.

Lalu kenapa saya anggap Asus Zenfone Max (M2) dan Asus Zenfone Max Pro (M2) merupakan Smartphone yang bagus dengan harga yang murah meriah dan terjangkau?? Yak saya bilang bergitu karena ini merupakan brand ASUS, memiliki fitur yang kekinian, dan spek yang tinggi atau luar biasa. Sebelum ke pembahasan soal Ghost Touch di Asus Zenfone M2 ini, kalian wajib tau spek umum kedua hp tersebut.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro (M2)

  • OS: Android 8.1 (Oreo)
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
  • Kamera Belakang/Utama: 12 MP, f/1.8, 1/2.9", 1.25μm, PDAF dan 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor
  • Kamera Depan/Selfie: 13MP, f/2.0, 1.12µm
  • ROM-RAM: 64 GB, 4/6 GB RAM or 32 GB,3 GB RAM
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh battery, Fast battery charging 5V/2A 10W

Spesifikasi Asus Zenfone Max (M2)

  • OS: Android 8.1 (Oreo)
  • Chipset Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 
  • Kamera Belakang/Utama: 13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF dan 2 MP, depth sensor
  • Kamera Depan/Selfie: 8 MP, f/2.0, 1.12µm
  • ROM-RAM: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery

Nah setelah kalian melihat spek singkat kedua HP tersebut kalian pasti sudah tau kan bagusnya seperti apa. Untuk harganya mulai dari Rp. 1.900.000 untuk Asus Zenfone Max (M2) RAM 3GB/ROM 32GB. Spek segitu kuat untuk bermain PUBG Mobile sambil untuk record juga. Lalu kenapa di kedua hp tersebut yaitu Zenfone Max (M2) dan Zenfone Max Pro (M2) sering mengalami layar gerak-gerak sendiri atau ghost touch??

Penyebabnya yaitu arus yang diterima kedua hp tersebut cukup besar saat proses pengecasan atau charging, yak benar ghost touch di kedua hp ini hanya muncul saat proses pengecasan saja atau pada saat hp dicas. Bisa dibilang hardware dari Max dan Max Pro (M2) ini mendapatkan arus listrik yang lebih dari proses pengecasan sehingga layar tidak stabil yang bisa mengakibatkan layar gerak-gerak sendiri.

Apalagi jika saat dicas lalu digunakan untuk bermain game, maka sudah dipastikan ghost touch akan muncul saat itu juga. Karena daya ampere yang besar maka arus litrik merambat ke hardware-hardware bagain hp salah satunya layar. Lalu bagaimana cara agar tidak terkena ghost touch saat hp sedang di cas??

Caranya pun mudah yaitu dengan mengganti kepala charger dengan ampere yang lebih kecil namun tetap berkualitas. Cara kedua yaitu gunakan hp setelah proses pengecasan melebihi 70% karena daya masuk sudah tidak terlalu besar lagi. Dan jika Zenfone Max/Max Pro kalian boros, kalian bisa lihat kenapa Asus Zenfone Max dan Max Pro M2 boros.

Nah itu dia seputar Ghost Touch di Asus Zenfone Max Pro (M2) dan Asus Zenfone Max (M2). Untuk khasus ini bukanlah sepuah cacat pabrik atau sejenisnya, melainkan kuasa alam. Berbeda dengan Delay Touch dan Bug Multi Touch yang ada di Asus Zenfone Max Pro (M1).


EmoticonEmoticon