3 Penyebab Alarm HP Tidak Berbunyi Padahal Sudah Diatur

3 Penyebab Alarm HP Tidak Berbunyi Padahal Sudah Diatur

KEPOINDONESIA.id - Mengaktifkan alarm di HP sering kali kita lakukan untuk mengingat sesuatu supaya tidak terlupakan. Fungsi alarm selain sebagai pembangun tidur juga bisa digunakan sebagai pengingat supaya kalian tidak melupakan moment-moment tertentu.

Kalian bisa menemukan alarm di semua jenis HP apapun mulai dari handphone biasa sampai smartphone seperti Android dan iOS. Yang membedakan hanya pengaturan yang berbeda-beda tetapi untuk di smartphone saya kira hampir sama.

Selain alarm, pada satu aplikasi juga tersedia stopwatch dan timer. Jadi kalian bisa menggunakan tergantung kebutuhan kalian. Yang akan saya bahas kali ini yaitu kenapa alarm HP tidak berbunyi pada waktunya?

Sebagai contoh saat kalian mengaktifkan alarm pukul 11 pagi tetapi setelah pukul 11 alarm tidak berbunyi dan tidak ada tanda-tanda alarm akan berbunyi atau aktif. Nah untuk itu kali ini saya akan menjelaskan kenapa kalian beberapa penyebab yang bisa menyebabkan alarm tidak berbunyi.

Kasus alarm yang tidak bunyi bisa terjadi di HP apa saja baik Samsung, Oppo, Xiaomi, ataupun Asus. Karena rata-rata penyebab alarm tidak berbunyi yaitu karena human error alias kesalahan kalian sendiri.

Langsung saja untuk penjelasan alarm yang tidak mau bunyi kalian bisa baca dibawah ini. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatur volume alarm di Android dan penyebab suara radio FM tidak jelas.

Penyebab Alarm Tidak Mau Berbunyi


1. Salah Mengatur Waktu


Salah satu faktor penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena salah mengatur waktu. Ini sangat sering terjadi karena di beberapa HP pengaturan alarm memang sedikit membingungkan bagi orang awam.

Singkatnya jika ingin mengatur alarm pada pukul 13:00 atau pukul 1 siang terkadang orang salah mengatur menjadi pukul 01:00 alias pukul 1 dini hari. Jadi yang seharusnya alarm berbunyi besok siang malah alarm berbunyi lebih dulu atau telat berbunyi tergantung pukul berapa kalian mengatur alarmnya.

2. Mode Silent atau Jangan Ganggu


Ini tergantung mode silent dan jangan ganggu yang ada di perangkat kalian. Karena ada perangkat yang masih bisa berbunyi alarmnya saat dalam mode silent atau jangan ganggu. Tetapi ada juga perangkat yang tidak berbunyi alarm nya saat mode jangan ganggu atau silent sedang aktif.

3. Berbunyi dan Bergetar Alarm Tidak Aktif


Yang terakhir karena kalian mematikan fitur berbunyi dan bergetar alarm pada pengaturan. Singkatnya jika keduanya mati maka alarm tidak akan membantu kalian karena tidak berbunyi dan tidak bergetar.

Jika berbunyi yang dimatikan alarm masih bisa bergetar. Sedangkan jika getar yang dimatikan alarm masih bisa berbunyi. Jadi jangan sampai kalian mematikan kedua pengaturan tadi untuk Alarm.

Nah itu dia beberapa penyebab yang menyebabkan alarm di HP kalian tidak berbunyi. Saya yakin yang kalian alami yaitu karena salah mengatur waktu, karena saya sendiri sering mengalami hal tersebut.

Selain itu jika ikon alarm di HP kalian tidak mau hilang, kalian bisa baca cara menghilangkan ikon alarm di status bar Android. Terkadang ikon tadi tidak mau hilang dan cukup mengganggu bagi sebagian pengguna.


EmoticonEmoticon