3 Solusi Mengatasi Getar di Android Tidak Berfungsi

3 Solusi Mengatasi Getar di Android Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Getar di perangkat bisa kalian manfaatkan sebagai pengganti nada dering yang sudah tidak populer. Daripada menggunakan nada dering penggunaan getar lebih banyak karena lebih sederhana dan tidak terlalu mengganggu.

Nada Dering cukup populer beberapa tahun yang lalu dan sering digunakan sebagai nada dering panggilan masuk dan SMS masuk. Tetapi kini pengguna tidak terlalu suka dengan nada dering dan lebih memilih getar.

Getar memiliki kelebihan tersendiri yaitu tetap memberikan informasi kepada kita tetapi tidak berbunyi dan tidak berisik. Walaupun sering menyebabkan pengguna tidak sadar akan tetapi getar lebih cocok untuk zaman sekarang.

Secara umum semua perangkat mobile sudah memiliki getar mulai dari HP jadul keluaran lama hingga smartphone atau ponsel pintar. Tetapi sayangnya di beberapa kasus getar di HP tidak berfungsi khususnya di Android.

Getar yang tidak berfungsi di Android bisa di sebabkan beberapa faktor. Supaya kalian tau apa saja yang bisa menyebabkan getar di perangkat Android tidak aktif dan bagaimana solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa HP tidak berbunyi saat ada panggilan masuk serta cara mengatasi aplikasi Adzan tidak berbunyi saat waktu Sholat. Berikut beberapa penyebab yang menyebabkan HP Android tidak bergetar.

Penyebab Getar di Perangkat Android Hilang


1. Mode Silent Aktif


Benar sekali kemungkinan besar kalian mengaktifkan mode Silent. Jika mode Silent aktif selain Nada Dering tidak akan berbunyi fitur getar juga tidak akan bergetar. Sedangkan jika kalian menggunakan mode Getar perangkat akan bergetar tanpa bersuara.

Di beberapa perangkat Android mode Getar dan Silent menjadi bagian yang berbeda. Oleh karena itu jika sudah mengaktifkan mode Getar kalian tidak usah mengaktifkan mode Silent karena bisa menyebabkan getar tidak berfungsi.

2. Fitur Getar Tidak Aktif


Yang berikutnya karena pilihan Getar tidak aktif. Selain mode Getar kalian bisa atur sesuai dengan kebutuhan mulai dari getar sentuh, getar notifikasi, hingga getar keyboard. Jika getar tidak kalian aktifkan maka perangkat tidak akan bergetar walaupun di mode Getar.

Sebagai contoh kalian cukup terbantu dengan getar keyboard oleh karena itu kalian jangan matikan fitur tersebut. Jika fitur getar di keyboard kalian matikan maka perangkat tidak akan bergetar saat kalian menggunakan keyboard.

3. Getaran Error atau Rusak


Penyebab yang terakhir yaitu karena Getaran atau Vibrate perangkat kalian error atau memang sudah tidak berfungsi. Jika getar di HP sudah tidak berfungsi maka getar tidak akan kalian temui sama sekali.

Masalah ini bisa terjadi karena error atau sudah rusak. Kalian bisa reboot perangkat untuk memastikannya. Jika perangkat sudah di reboot tetapi getar tetap tidak aktif maka Getaran memang sudah rusak.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan getar di HP tidak berfungsi. Seharusnya getar di HP tetap berfungsi karena jarang rusak. Jika sudah rusak HP kalian tidak akan bergetar sebelum diperbaiki.

Dan sebelum saya akhiri artikel kali ini kalian bisa baca cara mengatur volume Alarm di Android. Kalian bisa mengatur volume Alarm sesuai dengan kebutuhan dan jangan terlalu keras.


EmoticonEmoticon