Perbedaan Balanced, Power Saver, dan High Performance Pada Perangkat Windows

Perbedaan Balanced, Power Saver, dan High Performance Pada Perangkat Windows

KEPOINDONESIA.id - Tidak hanya di perangkat mobile seperti Android dan iOS, fitur penghemat baterai atau penghemat daya juga ada di perangkat desktop seperti Windows. Fitur ini disebut sebagai Power Plan dan pasti ada di Laptop.

Sedangkan pada perangkat Komputer PC apakah ada Power Plan atau tidak saya kurang tau. Karena PC tidak membutuhkan baterai karena langsung terhubung dengan arus listrik. Apa Power Plan itu?

Saya yakin kalian penasaran. Power Plan merupakan fitur yang ada di sistem operasi Windows yang berfungsi mengatur kinerja dan performa perangkat khususnya pada bagian hardware.

Pengertian Power Plan memang tidak seperti penghemat baterai atau Battery Saver, akan tetapi tingkatan Power Plan lah yang mempengaruhinya. Ada 3 tingkatan atau kategori yang bisa kalian pilih.

Paling irit daya ada Power Saver, penggunaan standar ada Balanced, dan khusus untuk performa dan kinerja ada High Performance. Apa perbedaan, fungsi, dan kegunaan dari masing-masing plan tadi?

Supaya kalian tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau kegunaan Low Power Mode di iPhone serta solusi baterai Laptop tidak bertambah hanya 0 persen terus saat di charger.

Power Saver


Power Saver sama halnya mode daya rendah yang ada di Android. Di plan ini perangkat Windows kalian akan bekerja dengan kinerja yang lebih santai dan penggunaan daya listrik akan jauh lebih sedikit.

Power Saver sangat cocok kalian aktifkan jika kalian menggunakan perangkat Komputer atau Laptop untuk kerja ringan seperti mengetik, menonton video, melihat foto-foto, atau mendengarkan musik dan browsing.

Balanced


Balanced adalah mode normal yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Untuk kerja ringan sangat bisa dan untuk kerja cukup berat juga masih bisa. Plan ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang menggunakan perangkat Windows untuk berbagai hal.

Karena Balanced akan menyesuaikan kinerja perangkat berdasarkan penggunaan kalian. Jika kalian hanya melakukan pekerjaan ringan plan ini akan menyesuaikan secara otomatis supaya kinerja perangkat disesuaikan dan lebih hemat daya.

High Performance


Seperti namanya, High Performance cocok saat kalian melakukan pekerjaan berat seperti editing foto dan video serta gaming. Dengan memilih High Performance penggunaan daya tentu akan lebih banyak.

Jadi dari ketiga plan atau mode tadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Supaya tidak bingung kalian bisa memiliki Balanced saja. Karena mode ini bisa menyesuaikan secara otomatis tergantung penggunaan pengguna.

Perangkat Tablet boros baterai padahal kapasitas baterai besar? kalian bisa baca kenapa Tab boros baterai walaupun memiliki kapasitas baterai yang beras. Kemungkinan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Tab yang kalian miliki menjadi boros baterai.


EmoticonEmoticon