Mengenal Clock Speed Pada CPU atau Prosesor

Mengenal Clock Speed Pada CPU atau Prosesor

KEPOINDONESIA.id - Walaupun kalian tidak mengikuti perkembangan perangkat keras yang ada di perangkat desktop dan mobile akan tetapi saya yakin kalian pernah mendengar istilah Clock Speed. Clock Speed pasti akan kalian temui jika kalian menemukan ulasan tentang CPU.

CPU (Central Processing Unit) atau Prosesor adalah otak yang bisa membuat sebuah perangkat menjadi cepat atau lambat. Semakin baik prosesor yang digunakan semakin bagus kinerja yang akan kalian dapatkan.

Semakin cepat sebuah Prosesor program yang dijalankan akan semakin lancar. Itu salah satu faktor, karena selain kecepatan CPU ada faktor-faktor lainnya. Seperti yang kalian ketahui, otak tidak bisa bekerja sendiri.

Dalam mengukur kecepatan sebuah Prosesor ada sebuah istilah yang namanya Clock Speed. Clock Speed atau Kecepatan Clock sering digunakan untuk menyebutkan kecepatan sebuah CPU atau Prosesor.

Singkatnya Clock Speed adalah kecepatan yang dapat diproses oleh CPU dalam periode tertentu. Yang dimaksud dalam periode tertentu yaitu sebuah getaran yang dihitung dengan satuan hertz.

Sebagai contoh HP Android kalian memiliki Prosesor yang Clock Speednya 1.6 GHz. Artinya dalam 1 detik memiliki 1.600.000.000 siklus getaran. Semakin cepat getaran atau Clock Speed semakin bagus performanya.

Tetapi perlu di ingat, di perangkat mobile seperti Android dan iOS atau di perangkat desktop seperti Windows banyak faktor pendukung lainnya. Untuk hasil yang maksimal tidak harus menggunakan CPU dengan Clock Speed yang tinggi.

Penggunaan jumlah Core yang lebih banyak juga dapat membantu kinerja sebuah sistem dan perangkat. Untuk bisa melihat kecepatan Prosesor kalian bisa dengan mudah melihatnya jika di perangkat Windows.

Cukup akses Task Manager lalu pilih menu Performance. Maka dibagian atas sendiri akan tampil pengguna CPU secara realtime. Dan kalian akan tau kecepatan CPU pada informasi Speed.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian, jika ada kesalahan informasi mohon di koreksi di kolom komentar. Selain itu kalian perlu tau perbedaan SoC dan Prosesor. Prosesor adalah komponen satuan sedangkan SoC mencangkup semua komponen utama.


EmoticonEmoticon