Penyebab Launcher Berhenti di Android

Penyebab Launcher Berhenti di Android

KEPOINDONESIA.id - Launcher atau yang sering disebut sebagai peluncur adalah aplikasi yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan Android. Selain memudahkan launcher juga mempercantik tampilan perangkat Android.

Setiap perangkat Android pasti memiliki launcher default. Launcher atau peluncur default sangat penting karena jika launcher bermasalah perangkat Android akan mengalami error. Kenapa bisa begitu?

Saya sendiri kurang tau padahal launcher bukan termasuk sistem utama, akan tetapi jika launcher default bermasalah perangkat Android akan error dan bisa saja menjadi rusak. Selain launcher default kalian juga bisa menggunakan launcher dari pihak ketiga.

Sebagai contoh jika kalian ingin mencoba peluncur iOS di Android kalian bisa menggunakan launcher iOS. Atau jika launcher bawaan HP kalian terlalu sederhana dan tidak dapat di ubah-ubah kalian bisa menggunakan launcher One UI artau MIUI.

Seperti yang sudah saya katakan tadi launcher atau peluncur sering error atau berhenti sendiri. Launcher telah berhenti memiliki beberapa efek. Jika launcher pihak ketiga berhenti nantinya akan kembali ke launcher default.

Akan tetapi jika launcher default terus berhenti kalian harus waspada. Segeralah cari penyebab dan atasi masalah tersebut supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kalian inginkan.

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan launcher berhenti di Android? Untuk tau penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca wallpaper Android hemat daya serta kelebihan menggunakan launcher bawaan.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Launcher Telah Berhenti


1. Launcher Terlalu Berat


Penyebab ini khusus untuk launcher pihak ketiga. Saya sarankan jika spesifikasi HP kalian pas-pasan kalian tidak usah menggunakan launcher atau peluncur. Karena launcher cukup membebani kapasitas RAM.

Karena RAM tersedia menjadi lebih sedikit perangkat kalian tidak dapat digunakan secara maksimal. Walaupun tampilan launcher default membosankan, akan tetapi lebih baik dari pada menggunakan launcher yang bisa membuat perangkat lamban.

2. Launcher Tidak Cocok


Masih tentang launcher dari pihak ketiga, masing-masing launcher dari pihak ketiga memiliki kelebihan, kekurangan, dan fitur yang berbeda-beda. Launcher yang sama tidak selalu cocok digunakan di perangkat yang berbeda.

Oleh karena itu gunakan launcher yang ringan dengan fitur yang sedikit. Jika tujuan kalian hanya merubah tampilan ponsel Android supaya lebih bagus launcher dengan minim fitur juga bisa. Oleh karena itu pilihlah launcher dengan fitur yang sedikit.

3. Perangkat Error


Dan yang terakhir khusus untuk launcher bawaan atau launcher default. Kemungkinan besar jika launcher bawaan terus berhenti atau telah berhenti ada masalah yang cukup serius. Kalian bisa mengatasinya dengan cara reboot atau restart.

Seharusnya jika cuma error setelah di reboot perangkat akan kembali normal kembali. Akan tetapi jika masih error kalian bisa mencari penyebab utamanya karena tanpa tau penyebabnya kalian tidak akan bisa mengatasi masalah tersebut.

Jadi itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi launcher yang error. Jika sudah error kalian hanya perlu tau penyebabnya. Misalnya penyebabnya dikarenakan RAM penuh kalian tidak usah menggunakan launcher.

Selain launcher yang berhenti mungkin kalian pernah mengalami keyboard tidak mau hilang setelah di gunakan. Jika kalian sering mengalami permasalahan tersebut kalian bisa baca solusi dan cara mengatasinya.


EmoticonEmoticon