Berapa Kali Mengganti Air Kolam Lele? Ini Dia Waktu Mengganti Air Kolam Lele Yang Tepat

Berapa Kali Mengganti Air Kolam Lele? Ini Dia Waktu Mengganti Air Kolam Lele Yang Tepat

KEPOINDONESIA.id - Ternak lele mulai diminati oleh beberapa kalangan yang ingin memulai usaha budidaya ikan kecil-kecilan. Untuk bisa memulai ternak lele, kalian bisa memulainya dengan kolam terpal kecil yang menurut kalian cocok dengan keadaan sekitar di rumah kalian.

Ternak lele relatif mudah serta pemutaran uangnya juga cepat. Dalam waktu 2 sampai 3 bulan lele siap dipanen untuk dijual ke penjual lele dipasar atau ke pengepul dalam jumlah yang banyak.

Selain itu pakan lele relatif gampang, pemeliharaannya cukup mudah serta ketahanan ikan lele dari pada iklan lainnya juga cukup kuat. Singkatnya jika kalian merawat ikan lele dengan benar maka kalian tidak akan mengalami kasus ikan lele mati secara tiba-tiba. 

Yang menjadi pertanyaan banyak orang yaitu kapan air kolam lele harus diganti? Beberapa hari sekali, beberapa minggu sekali, atau beberapa bulan sekali? Bagi seorang pemula yang baru menggeluti budidaya ikan lele pasti sedikit bingung soal penggantian air di kolam lele ini. 

Tidak ada hitungan pasti kapan kolam lele harus diganti. Tetapi jika dirasa kolam lele sudah tidak nyaman, sudah muncul bau tak sedap serta nafsu maka ikan lele menurun itu salah satu tanda bahwa kualitas air di kolam tersebut sudah buruk. 

Sebelum saya lanjutkan tentang waktu mengganti kolam lele yang tepat serta cara mengganti air di kolam lele kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti umpan jitu memancing belut serta cara membedakan ikan gabus jantan dan betina

Untuk waktu penggantian air kolam lele kalian bisa lakukan antara 1 minggu sekali sampai 3 minggu sekali. Jika kualitas air yang digunakan bagus waktu penggantian bisa sampai 30-45 hari sekali. Selagi memulai kalian bisa menggunakan patokan 1 minggu sampai 3 minggu sekali. 

Tetapi jika kalian sudah lama budidaya ikan lele lebih baik melihat kondisi air yang ada di kolam secara langsung. Selagi ikan masih nyaman dan kondisi air masih bagus tidak kotor dan bau maka air tidak usah diganti. 

Setelah kondisi air menurun dan wajib diganti, jangan beri maka ikan lele selama 12 jam sebelum waktu penggantian air. Ini mencegah lele stres karena bisa muntah akibat perubahan suhu pada air yang mendadak. 

Buang air dengan menyisakan air 20-50% di kolam. Kemudian tambahkan air baru dan tunggu 1x24 sebelum memberi makan iklan lele pertama kalinya setelah mengganti air kolam ikan lele. Jika kalian rajin mengganti air kolam lele, diharapkan lele dapat tumbuh dengan baik dan sehat.


EmoticonEmoticon