Perbedaan Ikan Mujair dan Nila Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Ikan Mujair dan Nila Yang Perlu Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Ikan Mujair dan ikan Nila salah satu ikan air tawar yang banyak di budidaya. Selain di budidaya banyak orang yang memelihara kedua jenis ikan ini sebagai hiasan kolam atau untuk di ambil di kemudian hari.

Kedua jenis ikan ini hampir mirip atau sangat mirip sekali. Saya yakin kalian akan sulit membedakan antara ikan Mujair dan ikan Nila apalagi jika ikannya masih ada di dalam kolam. Mujair dan Nila memang mirip akan tetapi kedua ikan tadi tidak mirip dengan ikan Gurame.

Singkatnya kalian bisa keliru menebak ikan Nila sebagai ikan Mujair atau ikan Mujair sebagai ikan Nila. Akan tetapi kalian tidak akan salah menebak ikan Nila atau Mujair sebagai ikan Gurame atau sebaliknya menebak ikan Gurame sebagai ikan Mujair atau Nila.

Ada perbedaan dan ciri fisik yang bisa kalian gunakan sebagai patokan jika kalian belum paham betul mengenai kedua ikan tadi. Oleh karena itu kali ini saya akan sedikit mengulas perbedaan antara Nila dan Mujair.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang ikan. Seperti waktu mengganti air kolam lele yang tepat serta beberapa istilah yang sering digunakan pemancing saat memancing.

Perbedaan Ikan Mujair dan Nila


1. Bentuk Tubuh


Yang pertama yaitu dari bentuk tubuh. Bentuk tubuh ikan ini memang hampir mirip dari ekor sampai kepalanya akan tetapi ikan Nila memiliki tubuh yang lebih besar dari pada ikan Mujair.

Pasti kalian bingung yang dimaksud lebih besar yang seperti apa. Lebih besar disini memiliki arti lebih tinggi bukanlah lebih panjang atau lebih gemuk. Singkatnya ikan Mujair memiliki bentuk tubuh yang memanjang seperti ikan Betok.

2. Sirip Atas


Bagian sirip atas ikan Nila memiliki sirip yang kaku dan berduri besar, lebih mudahnya bagian sirip atas ikan Nila lebih agresif. Sedangkan sirip bagian atas ikan Mujair mirip-mirip seperti ikan Gurame alias tidak terlalu mencolok seperti ikan Nila.

3. Mulut


Walaupun dari samping ikan Nila terlihat sangar akan tetapi tidak pada bagian mulut. Mulut ikan Nila memiliki ukuran yang kecil tidak sebesar mulut ikan Mujair. Ini dikarenakan bentuk ikan Nila membulat tidak seperti ikan Mujair yang memanjang.

4. Sirip Bawah


Dan yang terakhir yaitu sirip bawah belakang. Sirip bawah milik ikan Nila sama persis seperti sirip bagian atas yaitu agresif cenderung lurus, tegak, dan melebar. Sedangkan sirip bawah ikan Mujair lonjong dan tidak terlalu banyak memiliki duri.

Nah itu dia beberapa perbedaan antara ikan Mujair dan Ikan Nila. Keempat perbedaan tadi adalah perbedaan yang paling mudah kalian temui dan kalian lihat. Karena sebenarnya masih ada perbedaan lain secara fisik antara kedua jenis ikan air tawar ini.

Paling mudah membedakannya dari bentuk dan sirip atas. Saya yakin kalian akan langsung tahu ikan yang sedang kalian lihat ikan Mujair atau Nila setelah melihat dan memegang sirip bagian atas.


EmoticonEmoticon