Selasa, 30 Juli 2019

5 Bahan, Tips, & Cara Menghilangkan Lendir dan Bau Amis Ikan Lele

5 Bahan, Tips, & Cara Menghilangkan Lendir dan Bau Amis Ikan Lele

KEPOINDONESIA.id - Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang sering kita jumpai, baik di alam hidup, tempat budidaya ataupun di rumah makan dan meja makan rumah kita sendiri. Salah satu keunggulan lele untuk dijadikan salah satu masak ialah mudah didapat, harganya murah, dan rasanya pun enak. Namun banyak orang yang memasak ikan lele secara biasanya saja tanpa menghilangkan lendir lele dan bau amis ikan lele ini.

Untuk saya sendiri tidak terlalu masalah untuk bau amis dan lendiri pada ikan lele, namun kadang-kadang rasanya enek juga walaupun hal itu jarang terjadi. Jika dimasak pedas, ikan lele ini rasanya hampir sama dengan belut, ada bau-bau amisnya. Namun jika digoreng biasa jelas rasanya beda sekali.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menghilangkan bau amis lele serta lendirnya yang menurut sebagian orang hal ini sangatlah mengganggu. Karena belum banyak yang tau bagaimana supaya bau amis pada ikan lele hilang, jika tau pun saya rasa hanya tau 1 atau 2 bahan saja.

Sebenarnya untuk menghilangkan bau amis dan lendir ikan lele ini cukup mudah sekali, namun banyak yang belum mengetahuinya. Namun, sebelum kita lanjut kalian bisa baca cara mengetahui jenis kelamin ikan gabus dan jenis kucing anggora putih yang sangat langka.

Bahan & Cara Menghilangkan Bau Amis Lele dan Lendirnya


1. Abu Gosok


Yang pertama kalian bisa menggunakan bahan abu gosok untuk menghilangkan lendir pada ikan lele. Cara ini sangatlah efektif, karena lendir pada ikan lele dijamin akan hilang semua. Nah jika lendir pada ikan sudah hilang maka bau amisnya pun juga akan ikut hilang.

Untuk cara menggunakan abu gosok ini cukup mudah. Pertama-tama silakan masukan ikan lele yang masih hidup kedalam ember, setelah itu taburi abu gosok secukupnya sampai ikan lele lemas atau tidak banyak bergerak. Jika pergerakan lele sudah lemas bisa diangkat sambil membuang bagian abu yang menempel, tidak usah bersih-bersih terlebih dahulu.

Jika sudah kalian bisa memukul kepala lele atau langsung memotongnya. Jika sudah bersihkan isi perut dan semua abu yang menempel. Jika sudah benar-benar bersih barulah dipotong-potong beberapa bagian jika ukuran ikan lele cukup besar.

2. Air Campur Cuka


Berikutnya yaitu air dicampur dengan cuka. Cara ini pun cukup manjur untuk menghilangkan lendir dan bau amis pada ikan lele. Kalian hanya perlu memberi campuran air dan cuka pada ikan lele yang sudah bersih dan dipotong-potong. Aduk beberapa saat supaya merata lalu tunggu beberapa menit dan setelah itu bilas kembali supaya tidak ada bekas cuka dan lendir yang menempel.

3. Rendam Dengan Air Panas


Berikutnya jika dirumah adanya air panas saja, ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan lele. Caranya sebelum di goreng atau dimasak, silakan direndam dengan air panas sekitar 30 detik sampai 1 menit. Setelah itu buang airnya jika perlu dibilas kembali supaya ikan menjadi segar. Dan perlu diingat merendamnya jangan terlalu lama.

4. Jeruk Nipis dan Garam


Kolaborasi Jeruk Nipis dan Garam memang terkenal sekali untuk menghilangkan bau amis pada daging ataupun ikan. Caranya pun mudah seperti jika kalian menggunakan campuran air dan cuka.

5. Garam


Berikutnya bahan sederhana untuk menghilangkan bau amis pada lele ialah garam. Sebenarnya garam merupakan bahan wajib jika kita mengolah daging dan ikan, namun ternyata garam juga bisa menghilangkan bau amis pada lele selain untuk membuat ikan lele itu menjadi sedap dan enak.

Caranya cukup taburi garam pada lele yang sudah bersih lalu aduk hingga merata, setelah itu diamkan beberapa menit lalu bilas kembali dengan air bersih.

Nah itu dia bahan sederhana dan bisa kita temui di dapur hingga dikebun. Sebenarnya masih ada beberapa bahan dan cara untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada ikan lele, namun hanya ke-5 bahan diatas yang umum dan mudah ditemui. Jadi cukup menggunakan salah satu bahan dan cara diatas, bau amis pada ikan lele akan hilang tanpa sisa sekalipun.


EmoticonEmoticon