Cara Mengatasi Aplikasi di Home Screen Tidak Bisa Dipindahkan

Cara Mengatasi Aplikasi di Home Screen Tidak Bisa Dipindahkan

KEPOINDONESIA.id - Merasa kesal karena aplikasi yang ada di layar utama atau home screen terkadang pindah posisi sendiri karena tidak sengaja kalian geser? atau ingin membuat aplikasi yang ada di layar depan tidak bisa dipindahkan? cara mudah sekali.

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan membuat sebuah tutorial melainkan saya jelaskan saja kenapa aplikasi di layar depan tidak bisa dipindahkan dan seperti terkunci serta bagaimana cara mengunci posisi aplikasi di layar utama.

Sebelumnya saya merasa sangat kesal karena aplikasi-aplikasi yang sudah tersusun rapi di HP Android saya berpindah posisi dari posisi sebelumnya. Saya yang sudah terbiasa dengan posisi sebelumnya merasa sedikit kaku jika aplikasi yang biasanya saya buka di posisi lain.

Oleh karena itu saya mengunci susunan layar depan. Dan misalnya kalian ingin memindahkan aplikasi yang ada di layar depan tetapi ternyata aplikasi atau widget tidak bisa dipindahkan atau tidak bisa menambah widget baru kalian berada di artikel yang tepat.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi mengatasi widget di layar depan yang tidak berfungsi serta penjelasan mengenai Live Wallpaper yang bikin boros baterai.

Jadi jika kalian tidak bisa menambah aplikasi baru dari App Drawer ke layar utama, tidak bisa memindah posisi aplikasi di layar depan, atau tidak bisa menambah widget baru hal tersebut bisa terjadi karena susunan layar utama terkunci.

Untuk di Samsung yang menggunakan One UI dan Xiaomi yang menggunakan MIUI kalian bisa dengan mudah mengunci susunan layar utama. Caranya kalian tahan lama di layar depan dan pilih Pengaturan Layar Utama.

Lalu silakan kalian pilih Kunci Tata Letak Layar Depan atau Kunci Susunan Layar Utama. Jika sudah dikunci seperti yang sudah saya sebutkan tadi kalian tidak bisa menambahkan aplikasi dari App Drawer, memindah posisi aplikasi, atau menambahkan widget.

Kesimpulannya jika kalian tidak bisa memindah aplikasi silakan kalian nonaktifkan terlebih dahulu pengunci susunan layar utamanya. Sedangkan jika kalian tidak ingin aplikasi pindah atau terhapus sendiri bisa kalian kunci susunan layar utamanya.

Saya yakin masih banyak yang tau dan tidak tau fungsi dari fitur ini. Fitur yang sangat menarik khususnya bagi kalian yang tidak suka dengan posisi aplikasi yang sering pindah sendiri karena tidak sengaja tersentuh.

Sebelum saya apakah kalian merasa App Drawer di Xiaomi bosan karena latar belakangnya berwarna hitam atau putih?. Jika kalian bosan bisa kalian atur menjadi transparan supaya App Darwer memiliki latar belakang wallpaper.


EmoticonEmoticon