3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membeli Domain di Layanan Penyedia Domain

3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membeli Domain di Layanan Penyedia Domain

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang ingin membuat situs, website, atau ingin menjadi seorang blogger penting sekali untuk membeli sebuah alamat atau nama domain. Nama domain bisa kalian gunakan sebagai alamat situs yang kalian miliki.

Bisa menggunakan nama pribadi, nama perusahaan yang ingin kalian dirikan, nama usaha, atau apapun asalkan domain tersebut masih tersedia. Karena jika sudah tidak tersedia kalian tidak akan bisa membelinya.

Ada banyak ekstensi domain yang mungkin sudah familiar kalian dengar seperti .COM, .NET, .CO.ID, .ID, dan masih banyak yang lainnya. Jika bisa kalian bisa pilih alamat domain dengan ekstensi .COM.

Selain populer dan harganya murah, ekstensi .COM juga sangat familiar. Jika ekstensi .COM sudah tersedia dengan nama yang kalian inginkan kalian bisa mencobanya ke ekstensi lain seperti .ID, .NET, atau yang lainnya.

Lalu apa saja penyebab yang bisa menyebabkan pembelian domain tidak berhasil atau gagal? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan beberapa solusi saat kalian mengalami masalah saat pembelian domain baru.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara parkir atau memasang alamat domain di layanan Hostinger serta solusi mengatasi situs yang tidak bisa dijangkau.

Cara Mengatasi Domain Tidak Bisa Dibeli


1. Alamat Domain Sudah Tidak Tersedia


Penyebab paling umum dan yang paling sering menyebabkan pengguna tidak bisa melakukan pembelian domain yaitu karena nama atau alamat domain sudah tidak tersedia. Alias sudah dimiliki oleh orang lain pada ekstensi tertentu.

Sebagai contoh kalian ingin membuat situs untuk toko kalian dengan nama "Toko Murah". Saat mencarinya dan ingin membeli domain di salah satu penyedia layanan ternyata tokomurah.com sudah tidak tersedia.

Atau domain tersebut sudah dibeli dan dimiliki oleh orang lain. Alternatifnya kalian bisa coba cari dengan ekstensi lainnya seperti tokomurah.id atau tokomurah.net. Jika tetap ingin dengan domain .COM kalian bisa mengakalinya menjadi toko-murah.com jika alamat tersebut masih tersedia.

2. Penyedia Layanan Tidak Mendukung Ekstensi Domain Tersebut


Tidak semua penyedia layanan domain mendukung dan bisa digunakan untuk membeli seluruh ekstensi domain yang ada di dunia. Sebagai contoh ekstensi domain asal Indonesia seperti .ID, WEB.ID, dan CO.ID

Domain tersebut hanya dijual di layanan penyedia domain asal Indonesia saja atau yang resmi di Indonesia. Sedangkan di layanan populer luar negeri pun jika tidak mendukung kalian tidak akan bisa membelinya.


3. Salah Saat Checkout Domain


Dan yang terakhir karena kesalahan atau kekeliruan saat pembelian domain. Banyak penyedia domain yang menawarkan produk lain saat pengguna ingin membeli sebuah nama domain seperti layanan SSL gratis, gratis hosting, dan lain-lainnya.

Kuncinya hanya satu yaitu perhatikan bahwa yang ingin kalian beli hanya domain saja. Oleh karena itu cek pada total pembayaran, jika total pembayaran jauh dari harga domain maka ada layanan yang tidak kalian butuhkan ikut dalam keranjang dan wajib kalian hilangkan.

Sebenarnya untuk masalah utama tidak bisa membeli domain yaitu pada domain yang sudah tidak tersedia. Kalian bisa coba cari kombinasi nama domain yang bagus atau bisa coba ekstensi domain lainnya siapa tau ada yang bagus dan cocok.

Itu saja pembahasan kali ini mengenai tidak bisa membeli sebuah domain atau nama domain. Sebelum saya akhiri apakah kalian tau layanan email gratis Hotmail dan Outlook?. Nah yang menjadi pertanyaan keduanya sama atau berbeda? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon