Ini Dia Perbedaan Frekuensi Radio FM dan Radio AM

Ini Dia Perbedaan Frekuensi Radio FM dan Radio AM

KEPOINDONESIA.id - Di sebuah perangkat smartphone dan HP aplikasi radio pasti memiliki nama Radio FM. FM sendiri salah satu dari gelombang radio yang banyak digunakan. Jadi sebenarnya ada yang namanya Radio FM dan ada yang namanya Radio AM.

Jika aplikasi Radio tertulis Radio FM maka saluran radio yang akan terdeteksi di aplikasi tersebut hanya saluran FM saja. Berbeda jika kalian mendengarkannya di Radio langsung yang ada pilihannya FM/AM.

Proses penyiaran radio dimulai dari penyaluran suara yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio ke berbagai penjuru kota yang akhirnya terdengar oleh kalian dan orang-orang. Terlihat suara langsung bisa terdengar dengan mudah.

Akan tetapi banyak proses yang dilalui dari mulai disiarkan di stasiun radio hingga sampai ke telinga para pendengar. Penyaluran gelombang suara menggunakan bantuan gelombang berfrekuensi tinggi supaya dapat terjangkau area yang lebih luas.

Dan tugas radio yaitu mengambil komponen gelombang suara nya saja serta memainkannya sehingga dapat terdengar oleh telinga kita. Lalu apa bedanya antara frekuensi FM dan frekuensi AM?

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca penyebab suara radio FM kremesek serta penyebab frekuensi siaran parabola tiba-tiba hilang dan tidak tampil.

Radio AM


AM sendiri merupakan singkatan dari Amplitude Modulation yang gelombang suara akan mengubah amplitudo dari gelombang pembawanya karena memang konsep AM yaitu menggunakan konsep pengubahan amplitudo.

Amplitudo sendiri merupakan jarak antara nilai maksimum dan nilai minimun dari sebuah gelombang, atau bisa disebut juga dengan tinggi gelombang. Dalam prosesnya penumpangan sinyal pembawa oleh sinyal informasi yang menyebabkan perubahan amplitudo.

Radio FM


Sedangkan Radio FM menggunakan konsep pengubahan frekuensi karena FM singkatan dari Frequency Modulation. Jadi dalam prosesnya gelombang suara akan mengubah frekuensi dari gelombang pembawanya.

Kenapa kebanyakan radio kini menggunakan saluran FM daripada AM? Ini karena radio FM menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus dan gelombang radionya lebih tahan terhadap cuaca buruk dibandingkan dengan radio AM.

AM sendiri mempunyai keunggulan yang tidak bisa didapatkan jika menggunakan frekuensi FM, yaitu jangkauan siaran radio AM lebih luas daripada radio FM. Tetapi tentu saja stasiun penyiar tau bahwa suara yang lebih jernih dan bagus lebih penting daripada sekedar jangkauan siaran yang luas.

Jadi kalian sudah tau bahwa FM merupakan frekuensi radio yang digunakan. Oleh karena itu di HP nama aplikasi radionya yaitu Radio FM karena saluran yang digunakan ialah FM. Misalnya menggunakan AM maka akan tertulis Radio AM.

Sebelum saya akhiri smartphone keluaran terbaru speakernya terletak dibagian bawah dan bukan di belakang lagi. Terkadang ada 2 lubang akan tetapi yang berbunyi kenapa hanya 1 saja? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon