Cara Mengatasi Pembayaran Tertunda di Play Store, Clash of Clans, Free Fire, atau Di Aplikasi dan Game Lainnya

Cara Mengatasi Pembayaran Tertunda di Play Store, Clash of Clans, Free Fire, atau Di Aplikasi dan Game Lainnya

KEPOINDONESIA.id - Selain bisa membeli aplikasi dan game yang berbayar di Play Store biasanya pembelian juga tersedia di dalam aplikasi. Sebagai contoh jika kalian menginstall dan memainkan game online, maka banyak item yang bisa kalian beli dan gunakan.

Melakukan pembelian item di dalam aplikasi dan game lewat Android tidak sesulit sebelum tahun 2016 yang hanya bisa dilakukan lewat pembayaran pulsa, kartu debit/kredit, dan saldo Google Play yang bisa kalian isi menggunakan Google Play Card.

Sekarang selain lewat pembayaran pulsa kalian bisa menggunakan saldo ShopeePay dan saldo dompet digital lainnya seperti DANA, GoPay, dan DOKU. Umumnya jika saldo mencukupi proses pembelian aplikasi atau pembelian item akan lancar tanpa ada masalah.

Tetapi yang saya alami kemarin yaitu saat setelah gagal melakukan pembelian atau pembayaran karena saldo tidak cukup menyebabkan transaksi tertunda. Lebih tepatnya saat saya ingin membeli item di dalam aplikasi Clash of Clans.

Jadi tombol pembelian tidak bisa ditekan dan muncul peringatan bahwa transaksi tertunda. Kenapa bisa begitu dan apakah harus menunggu? untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti kenapa tidak bisa menerima saldo GoPay serta apa yang dimaksud dengan istilah Waiting List.

Jadi peringatan pembayaran tertunda menurut saya itu hanya error karena proses pembayaran, pembelian, atau transaksi tidak berhasil atau gagal. Karena error maka kesannya bahwa pembayaran yang sudah kalian lakukan sedang diproses.

Padahal di pembelian lewat Google Play cuma ada 2 kemungkinan yaitu berhasil atau tidak. Tidak ada yang namanya pembayaran atau transaksi tertunda. Bagaimana solusinya? solusinya yang pertama pastikan saldo yang ingin kalian gunakan untuk melakukan pembayaran mencukupi.

Dan yang kedua kalian harus hilangkan error yang ada di dalam aplikasi tergantung di aplikasi apa kalian mengalaminya. Untuk menghilangkan error pembayaran tertunda kalian cukup hapus cache aplikasi saja.

Dengan menghapus cache aplikasi saya jamin kalian bisa langsung melakukan pembelian item lagi. Tetapi jika hapus cache tidak berhasil kalian wajib hapus data aplikasi supaya aplikasi benar-benar seperti baru di install.

Jika masalahnya pembayaran tertunda dengan cara yang saya sebutkan seharusnya sudah berhasil dan tidak menjadi masalah. Tetapi jika karena penyebab lain solusinya juga berbeda, jadi jika ada masalah lain mengenai Google Play maka akan saya bahas kembali.

Apakah kalian sering mengalami saat ingin install aplikasi dan game lewat Play Store tetapi proses download lama atau tidak berjalan sama sekali? jika kalian sering mengalaminya kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi proses download di Play Store yang tidak berjalan.


EmoticonEmoticon