4 Tips Mengatasi Download Lama dan Lemot di Play Store

4 Tips Mengatasi Download Lama dan Lemot di Play Store

KEPOINDONESIA.id - Download aplikasi dari Play Store merupakan cara yang paling aman untuk mendapatkan aplikasi yang terverifikasi keamanannya oleh Google Play Protect. Selain itu masih banyak orang yang tidak percaya aplikasi dari luar Play Store, yaitu sumber tidak dikenal.

Walaupun begitu, kendala yang sering di temui jika kita install aplikasi dari Play Store yaitu downloadnya terkadang lama dan sangat lambat. Masalah seperti ini sering kali membuat banyak orang termasuk saya enggan untuk mendownload aplikasi lewat Play Store, terutama aplikasi yang memiliki ukuran file yang sangat besar seperti Game.

Karena jika ada masalah saat proses download walaupun tidak ada pemberitahuan gagal, proses download akan mengulang dari awal. Hal ini saya sendiri sering mengalami, terutama HP yang memiliki RAM sedikit lalu saat proses download malah digunakan untuk multi tasking aplikasi lainnya.

Lalu apa penyebab download lambat di Play Store? Kenapa download di Play Store lama? tidak berjalan, ataupun tidak selesai? Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab. Namun penyebab terbesarnya adalah faktor perangkat yang kurang mumpuni.

Nah utuk itu kali ini saya akan membahas sedikit tips supaya saat download dan install aplikasi dari Play Store tidak lambat, lemot dan supaya tidak gagal. Namun sebelum itu kalian bisa baca solusi Play Store muter terus dan cara mengatasi diperlukan autentikasi saat membuka Play Store.

Solusi Masalah Download di Play Store Yang Lama dan Lemot


1. Matikan Data Seluler


Cara ini cara paling mudah dan ampuh untuk mengatasi download yang lemot, tidak hanya di Play Store saja. Cara ini bisa kalian terapkan saat mendownload apa saja dan di mana saja seperti di browser Chrome, UC Browser ataupun ADM.

Caranya cukup matikan data seluler paling cepat 5 detik, lebih lama lebih baik sekitar 15-20 detik. Cara ini untuk merubah ip kita supaya mendapat alamat ip yang baru untuk melakukan proses download dengan kecepatan penuh.

Sayangnya cara ini masih banyak orang yang tidak menerapkannya. Jika hotspot dari HP lain dirasa lemot, kalin juga bisa menggunakan cara ini. Yaitu cukup mematikan data seluler tanpa mematikan hotspotnya. Cara ini juga bisa untuk mengatasi Play Store yang menunggu wifi.

2. Nyalakan Mode Pesawat


Nah untuk cara yang satu ini bisa kalian coba jika cara pertama tidak terlalu memberi efek yang begitu terasa. Cara ini bisa kalian lakukan jika sinyal lemah atau tidak stabil. Namun jika sinyal kuat dan penuh, saya rasa mematikan data seluler lalu menyalakannya lagi sudah lebih dari cukup.

Memang jika sinyal tidak stabil untuk melakukan proses download amatlah susah. Apalagi jika HP kita memiliki kapasitas RAM yang sedikit. Jadi usahakan jika ingin mendownload aplikasi di Play Store supaya tidak lemot kalian bisa menggunakan cara ini jika sinyal di tempat kalian sangatlah jelek.

3. Tutup Play Store


Berikutnya cara yang sering saya lakukan berikutnya yaitu menutup aplikasi Play Store saat proses download berlangsung. Untuk cara ini sangat berhasil jika proses download di Play Store terhenti. Nah jika sudah di tutup Play Storenya silakan kalian cari aplikasi yang sedang di download tadi.

Jika masih berjalan biarkan saja. Namun jika proses download gagal kalian bisa melakukan proses download nya lagi.

4. Tunda Proses Download


Jika ke tiga cara diatas tidak ada yang berhasil ataupun tidak ada yang memberi efek secara signifikan, kalian bisa menunda proses downloadnya di lain waktu. Jadi kalian cukup batalkan saja proses downloadnya.

Jika sudah di batalkan kalian cari waktu sekiranya pada jam-jam tersebut sinyal internet kalian lebih kencang dari pada sebelumnya. Karena cara ini paling efektif, jika sudah lemot maka seterusnya akan lemot jika kalian tidak mencari waktu yang tepat.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa saya bagikan. Baik proses download tidak berjalan, lemot, ataupun tidak bisa semuanya akan teratasi. Atau mungkin jika diverifikasi oleh Play Protect tidak bisa di download kalian bisa menggunakan salah satu cara diatas.

Atau jika kalian tidak sabar kalian bisa menggunakan jaringan dari operator lain yang memiliki sinyal bagus di tempat kalian. Atau jika ada wifi bisa pakai wifi saja, sekalian menghemat kuota internet.


EmoticonEmoticon