Perbedaan Kos dan Kontrakan, Jangan Sampai Salah Sebut

Perbedaan Kos dan Kontrakan, Jangan Sampai Salah Sebut

KEPOINDONESIA.id - Ngekos atau tinggal di Kos-kosan biasa dilakukan oleh anak muda yang merantau ke kota besar untuk mencari pekerjaan. Sedangkan kontrakan biasanya ditempati oleh seseorang atau keluarga yang tinggal merantau di suatu wilayah.

Sebenarnya apa perbedaan kontrakan dengan kos-kosan itu, apakah dari segi ukuran tempat tinggalnya atau dari segi sewanya? yang jelas supaya tidak terbuang sia-sia baik kos-kosan atau kontrakan kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jika kalian pilih sesuai dengan kebutuhan, semahal apapun sewanya itu bukan masalah besar. Tetapi supaya kalian tidak bingung lagi saya akan menjelaskan sedikit mengenai perbedaan antara kos-kosan dan kontrakan.

Baik kontrakan atau kos-kosan memiliki fasilitas tersendiri, memiliki harga sewa sendiri, dam memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi selain sesuai kebutuhan, memilih kontrakan dan kos-kosan lebih baik jangan terburu-buru.

Sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Prepaid dan Postpaid serta tips mengatasi jas hujan atau mantel hujan yang kaku.

Yang pertama dari segi tempat tidur dan ruangan lainnya. Untuk kos-kosan yang umum biasanya hanya tersedia kamar tidur dan kamar mandiri di dalam kamar. Tidak jarang hanya kamar tidur saja dan kamar mandinya diluar untuk bersama-sama.

Sedangkan kontrakan walaupun kecil tetapi yang disewakan adalah rumah. Sudah pasti ada minimal 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandir, dan dapur. Artinya kontrakan bisa ditempati satu keluarga kecil, sedangkan kos-kosan tidak.

Selain kamar tidur kos-kosan yang sempit, memang rata-rata peraturan di kos-kosan 1 kamar hanya untuk 1 atau 2 orang saja tidak boleh lebih. Selain dari segi ruangannya, orang yang menyewa kos-kosan dan kontrakan juga berbeda.

Jelas orang yang lebih dari 1 atau seperti keluarga akan menyewa kontrakan, akan tetapi itu bukan menjadi faktor utamanya. Orang yang lebih lama merantau akan lebih suka menyewa kontrakan dari pada kos-kosan walaupun mereka seorang diri.

Kenapa begitu? karena di kontrakan sama seperti di rumah sendiri tidak ada teman kos yang bisa mengganggu. Bisa istirahat dengan tenang dan bisa bekerja dengan nyaman. Jadi tidak heran kos-kosan hanya diisi oleh remaja-remaja yang baru bekerja beberapa tahun.

Dari segi biaya jelas kontrakan lebih mahal karena fasilitas yang didapatkan lebih banyak. Seperti yang sudah saya katakan tadi, supaya tidak merugi lebih baik pilih sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Kesimpulannya kontrakan dan kos-kosan memang berbeda, yang terpenting kalian cari yang nyaman supaya baik di kontrakan atau kos-kosan senyaman di rumah sendiri. Itu saja yang bisa saya bahas mengenai kos-kosan dan kontrakan semoga bermanfaat.

Dalam melakukan hal ada yang namanya gagal, oleh karena itu kalian harus mengerti yang namanya Trial dan Error. Semua yang kalian lakukan tidak akan semudah dan selancar yang kalian harapkan, jadi kalian harus sabar dan ulet.


EmoticonEmoticon