Ini Dia Bedanya Trackball dan Trackpad

Ini Dia Bedanya Trackball dan Trackpad

KEPOINDONESIA.id - Blackberry, salah satu smartphone elegan yang bisa dibilang iPhonenya jaman dulu. Dulu sebelum era Android dan iOS, Blackberry menjadi smartphone terkeren yang bersaing dengan Nokia dengan OS Java dan Symbiannya.

Kecanggihan yang ada di Blackberry membuat ponsel ini dimiliki oleh banyak orang. Salah satu teknologi yang cukup keren di Blackberry yaitu pada navigasi. Navigasi Blackberry umumnya menggunakan Trackball dan Trackpad.

Saya yakin kalian yang pernah memiliki perangkat Blackberry tau salah satu atau keduanya. Karena rata-rata jika tidak menggunakan Trackpad maka menggunakan Trackball dan juga sebaliknya jika tidak menggunakan Trackball maka menggunakan Trackpad.

Nah yang menjadi pertanyaan ialah apa sebenarnya Trackpad dan Trackball itu? untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Blackberry 8330 salah satu ponsel Balckberry yang menggunakan Trackball dan Blackberry Onyx salah satu yang menggunakan Trackpad.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menghilangkan peringatan masuk ke jaringan serta apa yang dimaksud dengan Stay dimana.

Trackball digunakan pada ponsel Blackberry terdahulu yang bentukan seperti bola. Tidak banyak orang yang suka dengan Trackball dan Trackball memiliki kualitas lebih buruk dari pada Trackpad karena jika kotor tidak bisa digunakan atau susah digunakan.

Jadi banyak yang menambahkan minyak kayu putih pada Trackball supaya Trackball bisa digunakan untuk navigasi lagi. Sedangkan Trackpad digunakan pada Blackberry terbaru pada masanya yang fungsinya hampir sama seperti Touchpad yang ada di Laptop.

Geser ke kanan-kiri-bawah-atas untuk melakukan navigasi dan untuk Ok hanya perlu menekan tombol Trackpad. Walaupun lebih baik dari pada Trackball, kekurangan Trackpad dan Trackball yaitu sama.

Tombol akan cepat rusak dan tidak akan berfungsi jika terlalu sering digunakan atau terlalu sering ditekan. Oleh karena itu dulu banyak orang yang mengganti fungsi Ok dengan menekan tombol enter di kondisi tertentu.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan karena memang keduanya kini sudah tidak digunakan lagi. Saya membahas artikel ini selain untuk menambah wawasan juga untuk bernostalgia sedikit.

Sering melewatkan panggilan masuk karena HP tidak berbunyi jika ada panggilan? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas tentang kenapa HP tidak berbunyi saat ada telepon atau panggilan masuk.


EmoticonEmoticon