Cara Mengatasi Gear Depan Sepeda Motor Bunyi atau Berisik

Cara Mengatasi Gear Depan Sepeda Motor Bunyi atau Berisik

KEPOINDONESIA.id - Rantai menjadi komponen penting pada sepeda motor karena adanya rantai tenaga dari mesin dapat di salurkan ke roda belakang. Sedangkan pada motor matic rantai diganti dengan V-Belt yang sekaligus sebagai pengatur kecepatan.

Sebenarnya rantai sudah tidak asing lagi bagi kita karena sebelum memiliki sepeda motor kalian sudah tidak asing lagi dengan sepeda. Di sepeda ada yang namanya rantai dan fungsi serta cara kerjanya sama seperti rantai yang ada di sepeda motor.

Walau terlihat biasa rantai perlu perawatan supaya rantai dapat menyalurkan tenaga ke roda belakang dengan maksimal. Salah satu yang mungkin akan sering dialami jika rantai tidak dirawat yaitu adanya bunyi saat rantai berjalan.

Bunyi muncul bisa karena beberapa faktor, dan yang paling umum berasal dari gear depan sepeda motor. Jadi bunyi rantai yang berisik seperti "tek tek tek" atau "cetek cetek" saat roda belakang di putar berasal dari gear depan.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya supaya tidak berbunyi? cara menghilangkan bunyi yang muncul di rantai saat mudah khususnya bunyi yang muncul berasa dari gear depan.

Namun sebelum lanjut pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti kenapa lubang speaker di HP hanya berbunyi 1 padahal ada 2 serta apa yang dimaksud dengan Hidden Gems.

Jadi bagaimana cara mengatasi gear depan sepeda motor yang berbunyi? jawabannya ialah dengan membersihkannya. Jadi kalian wajib membersihkan gear depan yang biasanya tertutup tidak hanya gear belakang saja.

Untuk cara membersihkannya secara umum sebagai berikut. Silakan kalian buka atau lepas tutup gear depan. Untuk ukuran kuncinya biasanya berbeda beda, saya ambil contoh kalian bisa menggunakan kunci T ukuran 10.

Setelah semua baut terlepas silakan kalian bersihkan tutup gear depan karena tutup gear depan juga bisa kotor. Jika sudah saatnya membersihkan gear depan supaya gear depan sepeda motor tidak berbunyi.

Untuk membersihkannya ada 2 cara yang bisa kalian lakukan. Yang pertama kalian bisa menggunakan Chain Lube atau kalian bisa menggunakan campuran sabun colek + sunlight lalu larutkan di satu gayung air.

Jika kalian menggunakan Chain Lube silakan kalian semprotkan ke gear depan lalu tunggu 1 menit barulah kalian bersihkan menggunakan kuas. Sedangkan jika menggunakan campuran sabun colek dan sunlight bisa langsung kalian bersihkan dengan kuas tanpa perlu menunggu.

Setelah semuanya bersih jangan lupa lumasi rantai setelah rantai benar-benar kering secara menyeluruh mulai dari gear depan, rantai, dan gear belakang. Terakhir pasang kembali tutup gear depan yang sudah kalian lepas tadi.

Jadi masalah bunyi di bagian rantai dekat gear depan berasal dari gear depan yang kotor. Walaupun sering kalian beri pelumas pada rantai tetapi karena letaknya tertutup pada gear depan menjadi kotor dan menimbulkan bunyi.

Bisa kalian coba sendiri dirumah saya yakin berhasil tanpa perlu membalik posisi atau ganti gear depan. Itu saja yang bisa saya jelaskan jika HP kalian sering bunyi sendiri tanpa sebab kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon