Pengertian Motor Ayago, Lebih Keren Dari Motor Bebek

Pengertian Motor Ayago, Lebih Keren Dari Motor Bebek

KEPOINDONESIA.id - Motor matic kini merajai industri motor di Indonesia yang awalnya di pegang oleh motor bebek seperti Supra dan Jupiter. Memang kelebihan motor matic cukup banyak dan dalam kehidupan sehari-hari memang sangat dibutuhkan.

Karena memiliki penampilan yang berbeda maka motor matic memiliki cara berkendara yang berbeda. Jadi bisa dibilang hampir 70% motor matic telah menguasai industri motor di Indonesia dari semua pabrikan motor yang ada.

Selain matic, moped atau bebek, dan motor sport sebenarnya ada jenis motor lain yang dulu sempat populer yaitu Ayago. Apa itu motor ayago? untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai.

Salah satu motor ayago yang cukup legendaris dan populer beberapa tahun yang lalu yaitu Suzuki Satria Fu. Satria FU dulu sempat populer cukup lama dan menjadi salah satu alternatif jika tidak mampu membeli motor sport.

Selain harganya yang lebih murah dan penampilannya yang berbeda, tenaga dari motor ini tidak seperti ukurannya alias sangat besar sekali. Saya tidak akan lebih jelas membahas mengenai Satria Fu, karena yang akan saya bahas yaitu tentang apa itu ayago.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi shock depan sepeda motor jedag jedug serta tekanan angin sepeda motor dan mobil yang tepat.

Ayago, ayago merupakan singkatan dari Ayam Jago. Jadi bisa dibilang Suzuki Satria F150 dan Honda Sonic 150R termasuk dalam tipe motor Ayam Jago atau Ayago, bukan Moped, Matic, atau Sport.

Kenapa disebut sebagai Ayam Jago atau Ayago? Disebut Ayam Jago karena suspensi depan panjang layaknya motor sport tetapi memiliki sasis underbone layaknya motor bebek. Jadi dari segi kenyamanan sama seperti motor sport alias tidak nyaman dan gampang pegel.

Walaupun begitu karena mengusung sasis underbone seperti motor bebek bahkan dari segi ukuran lebih ramping dengan tenaga yang lebih besar motor Ayago sangat lincah dan cepat digunakan di jalan yang berkelok.

Tentu saja mesin di motor Ayago tidak semuanya memiliki power yang tinggi, tergantung dari mesin yang digunakan saja. Tidak main-main, Satria F150 FI motor ayago dari Suzuki menjadi motor terkencang di kelas 150cc melibas semua motor 150cc yang ada baik moped atau sport.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai motor Ayago atau Ayam Jago. Suzuki Satria Fu dan Honda Sonic bukan termasuk motor bebek atau motor sport, melainkan ayago atau ayam jago yang memang tidak banyak ditemui.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Tidak tau kekentalan oli yang tepat untuk motor kalian? kalian bisa baca artikel tentang kekentalan oli yang tepat untuk motor di Indonesia.


EmoticonEmoticon