Berapa Lama Sih Pengiriman Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia? Apakah Harus Bayar Lagi

Berapa Lama Sih Pengiriman Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia? Apakah Harus Bayar Lagi


KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang baru saja membeli barang dari luar negeri, pasti pernah berfikir berapa lama paketan dari luar negeri itu sampai ke rumah kita. Saya sendiri dulu pernah begitu, karena saya pernah 1x melakukan pembelian barang dari luar negeri.

Lalu berapa lama pengiriman dari luar negeri ke Indonesia? Jawabannya menurut saya sih relatif. Tidak ada kepastian yang dapat kita pegang sebagai patokan. Tidak seperti jika kiriman dari Jakarta ke rumah saya, 90% rata-rata sampai dalam 4 hari, jarang lebih cepat atau lebih lambat.

Namun untuk estimasi pengiriman dari luar negeri dari awal kita order barang atau checkout sampai barang di tangan kita ialah sekitar 30 hari. 15 hari dari barang di proses oleh penjual sampai di Indonesia, dan 15 hari lagi dari Bea Cukai sampai di tangan kita.

Jadi jika kita beli barang dari luar negeri, pasti akan masuk dan di priksa oleh pihak Bea Cukai telebih dahulu tentang apa barang tersebut serta berapa harga barang tersebut, apakah akan dibebankan biaya bea masuk atau tidak.

Untuk sekarang tidak lagi barang yang memiliki harga diatas $100 yang akan dikenakan biaya bea masuk, namun sudah lebih rendah yaitu mulai barang yang memiliki harga $75 keatas. Selain nilai barang tersebut yang di cek, invoice atau bukti pembayaran juga di cek disini.

Jadi jika barang yang kalian beli melebihi tarif batas atau threshold, kalian akan dikenakan biaya tambahan yang saya sendiri tidak tau berapa % dari harga barang tersebut. Untuk di Bea Cukai ini terbilang memakan waktu yang sangat lama, mulai dari 5 sampai 10 hari atau bahkan lebih.

Misalnya untuk marketplace Shopee pengiriman dari luar negeri estimasinya 30 hari. Jadi paling lama 30 hari, namun terkadang lebih lama beberapa hari. Jadi jika kalian bertanya berapa lama pengiriman Shopee dari luar negeri, jawabannya kurang lebih 30 hari.

Lalu apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar? Harus jika barang kita harganya lebih dari $75, jika kurang saya rasa tidak. Dan yang sering dialami jika melakukan pengiriman dari luar negeri ialah nomor resinya sulit dilacak jika belum masuk ke Indonesia.

Sebagai contoh statusnya akan "Parcel is in transit from China to Indonesia" terus sebelum paket tersebut masuk ke Indonesia. Jadi akan terdeteksi paket masih di China menunggu pengiriman ke Indonesia.

Jika sudah masuk ke Indonesia, barulah nomor resi bisa dilacak dengan benar. Terkadang juga kita menemui masalah alamat tidak didukung, kalian bisa langsung baca saja penyebab alamat tidak didukung dan cara mengatasinya.

Jadi waktu pengiriman dari luar negeri ke Indonesia sekitar 30 hari. Jika harga barang lebih dari 75 dollar maka kita akan kena biaya tambahan, namun jika kurang dari 75 dollar kita bisa langsung menerima paket tersebut tanpa biaya sepeserpun.


EmoticonEmoticon