5 Tips Mancing Ikan Betok Mulai Dari Umpan Sampai Teknik Memancing

5 Tips Mancing Ikan Betok Mulai Dari Umpan Sampai Teknik Memancing

KEPOINDONESIA.id - Ikan betok, betik, atau yang di beberapa tempat disebut ikan papuyu merupakan ikan air tawar yang tersebar sangat luas dan sangat mudah ditemui. Jika kalian memancing di sawah atau sungai sudah pasti akan mendapatkan ikan ini.

Ikan ini sama seperti ikan lele yaitu dapat bertahan di air yang keruh dan kotor, hanya saja karena jumlahnya yang sangat banyak daripada ikan lele dan ikan gabus ikan betok lebih mudah ditemukan dan lebih mudah terkena pancing.

Saya sendiri tidak suka dengan rasa ikan ini jadi setiap saya dapat biasanya saya kasih ke orang. Tetapi jika kalian suka dengan ikan betik atau betok akan saya bagikan tips memancing ikan betok atau betik supaya dapat banyak.

Sangat mudah sekali dan saya yakin kalian akan dapat ikan betik yang banyak. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi reel pancing macet serta cara mengatasi ikan lele di kolam tidak mau makan pakan.

Gunakan Ukuran Kail Pancing Kecil


Yang pertama kalian bisa gunakan ukuran kail pancing yang kecil. Semakin kecil semakin bagus tetapi kalian akan kerepotan sendiri jika pancing dimakan sampai kedalam mulut ikan. Jadi pilih yang kecil tetapi tidak terlalu kecil.

Tidak Perlu Memakai Pemberat


Memancing ikan betok bisa menggunakan pelampung dan hanya senar saja, tidak perlu menggunakan pemberat. Apabila di air yang tenang kalian bisa gunakan senar tanpa pelampung tetapi jika ada arusnya kalian bisa gunakan pelampung.

Cari Spot di Air Yang Tenang


Karena termasuk ikan dasaran kalian bisa mancing ikan betik atau ikan betok di spot yang tenang airnya. Seperti kubangan di sawah, di kolam bekas, atau di manapun itu. Karena jika di sungai ikan ini jarang makan walaupun tetap ada.

Spot Sempit Banyak Ikan Betiknya


Walaupun spotnya kecil dan sempit tetapi ada ikan betoknya. Apalagi jika kedalam air cukup dalam maka banyak sekali ikan betik di spot tersebut. Silakan kalian pancing saja sudah pasti akan mendapatkan ikan betik.

Gunakan Metode Dimakan Langsung Angkat


Supaya tidak terlalu lama apabila dirasa sudah dimakan oleh ikan silakan kalian tarik saja jorannya. Karena jika kalian tunggu akan membuang waktu dan kemungkinan akan disangkutkan cukup tinggi.

Tanpa tips sebenarnya kalian akan mendapatkan ikan betok ini setiap kalian memancing di air yang keruh dan tenang. Jika kalian memancing di air yang ber arus yang pasti akan kalian dapatkan yaitu ikan lunjar ataupun tawes.

Ingat apa yang saya bahas ialah ikan betok, untuk ikan sepat tidak bisa dipancing karena mulut ikan yang kecil sekali. Untuk di Jawa sendiri ikan betok atau ikan betik tidak begitu diminati karena rasanya yang kurang sedap.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara menangkap burung yang lepas dari sangkarnya. Perlu kalian ketahui bagaimana cara menangkapnya supaya jika kalian mengalaminya kalian tidak bingung.


EmoticonEmoticon