Antara Montir dan Mekanik, Apasih Perbedaannya

Antara Montir dan Mekanik, Apasih Perbedaannya

KEPOINDONESIA.id - Saat berkunjung ke bengkel atau saat kendaraan kalian ada masalah beberapa orang pasti akan datang ke bengkel atau menghubungi montir langganan. Akan tetapi terkadang juga ada yang membawa ke bengkel atau menghubungi mekanik yang sudah dikenal lama.

Mekanik dan Montir memang cukup sering kita dengar dalam dunia otomotif. Kedua pekerjaan ini kini sangat mudah ditemui dan sangat dibutuhkan karena semakin hari kendaraan semakin banyak.

Mulai kendaraan pribadi roda empat seperti mobil, sepeda motor, atau kendaraan umum seperti angkot dan bus. Jika ada masalah atau kerusakan tidak semuanya bisa memperbaikinya, menyerahkannya ke mekanik dan montir adalah pilihan yang tepat.

Tetapi kalian sadar tidak kenapa orang yang bekerja di bidang otomotif khususnya jasa perawatan dan perbaikan kadang dibilang Montir dan kadang dibilang Mekanik? Apakah keduanya sama atau berbeda tetapi orang-orang menganggapnya sama?

Untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini. Saya akan menjelaskan pengertian Mekanik dan pengertian Montir supaya kalian bisa menilai sendiri. Tetapi sebelum lanjut kalian bisa baca konversi Mil dan KM serta solusi suspensi sepeda motor terasa keras.

Montir


Montir adalah orang yang bekerja merawat, mengganti, dan memperbaiki kendaraan. Apapun kerusakannya apapun kendaraannya jika orang tersebut memang memiliki ilmu dan keahlian pada bidangnya maka orang tersebut bisa dibilang sebagai Montir.

Montir biasanya sering dipanggil untuk mendatangi lokasi kendaraan yang rusak seperti di rumah, di jalan, atau di mall dan kantor. Karena memang untuk masalah kerusakan seperti itu dapat langsung diatasi oleh montir dan bisa langsung selesai.

Mekanik


Sebenarnya pengertian Mekanik tidak berbeda dengan Montir, hanya saja keahlian dan pengetahuan Mekanik lebih banyak dari pada Montir. Selain keahlian dan pengetahuan, tugas mekanik cukup berat seperti menemukan penyebab kerusakan, memperbaikinya, dan mengedukasi supaya masalah tidak muncul kembali.

Mudahnya jika kalian menghubungi pihak bengkel untuk menyalakan mobil kalian yang kehabisan listrik yang akan datang ialah seorang Montir. Karena melakukan pengecekan kelistrikan standar dan mengganti Aki salah satu keahlian Montir.

Sedangkan jika kalian mengeluhkan masalah pada bagian mesin mobil seperti bunyi-bunyi aneh maka kemungkinan yang akan menanganinya seorang Mekanik. Contoh lainnya seperti pembahasan Tukang dan Kenek yang sudah saya bahas sebelumnya.

Apa keahlian dan pengetahuan Montir tidak sama seperti Mekanik? Tentu saja tidak, semuanya butuh pengalaman dan seorang Mekanik sudah berpengalaman bertahun-tahun. Itu saja pembahasan kali ini dan kalian bisa baca bedanya ban dan roda supaya kalian bisa membedakannya.


EmoticonEmoticon