Solusi Suspensi Sepeda Motor Yang Keras

Solusi Suspensi Sepeda Motor Yang Keras

KEPOINDONESIA.id - Suspensi atau yang sering disebut sebagai Shock adalah komponen penting pada kendaraan supaya kendaraan bisa digunakan dengan nyaman dan aman. Tanpa adanya Suspensi kendaraan akan sangat tidak nyaman.

Semua kendaraan hampir semuanya menggunakan Suspensi supaya dapat meredam kejut saat kendaraan berjalan. Hanya beberapa kendaraan saja yang saya rasa tidak memiliki Suspensi seperti kendaraan alat berat seperti Slender Aspal atau Tandem Roller.

Secara umum Suspensi standar yang diberikan oleh pabrikan sudah lebih dari cukup. Akan tetapi baik di roda empat atau roda dua pengguna dapat mengganti Suspensi supaya sesuai dengan keinginan mereka.

Suspensi yang empuk dan pengendalian kendaraan yang stabil tidak bisa didapatkan dengan mudah, karena keduanya saling bertolakan. Untuk menghasilkan pengendalian yang stabil Suspensi harus di atur lebih keras.

Shock atau Suspensi yang keras tentu tidak nyaman jika kalian mengutamakan kenyamanan. Sebagai contoh Suspensi sepeda motor. Suspensi yang keras akan membuat kita tidak nyaman apalagi ketika melewati jalan yang kurang bagus.

Ada beberapa penyebab dan solusi yang harus kalian ketahui tentang Suspensi motor yang keras. Supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca tingkat kekentalan oli serta tips menanjak menggunakan motor matik.

Penyebab Suspensi Keras Tidak Nyaman Digunakan


1. Terlalu Banyak Minyak Pelumas


Seperti yang kalian ketahui salah satu komponen Suspensi yaitu minyak pelumas atau Fluida. Pada Suspensi depan Fluida sangat berperan penting dalam proses kerja Suspensi. Karena tanpa minyak pelumas Suspensi tidak bisa disebut sebagai Suspensi.

Keras atau empuknya Shock atau Suspensi bisa di atur dengan Fluida. Untuk membuat Suspensi yang empuk kalian bisa menggunakan Fluida yang lebih sedikit. Jika ingin keras kalian bisa menambah Fluida supaya lebih banyak.

2. Garpu Suspensi Bengkok


Suspensi bisa bekerja dengan baik jika dipasang dengan benar. Jika pemasangan tidak benar Suspensi tidak akan bekerja secara maksimal. Salah satu hal yang harus kalian perhatikan yaitu mengenai Garpu Suspensi.

Garpu Suspensi yang bengkok tidak bisa kalian abaikan. Karena nantinya akan mempengaruhi kinerja Suspensi karena posisi Suspensi akan sedikit miring. Jika miring naik turunnya Suspensi akan terganggu.

3. Suspensi Minta Ganti


Yang terakhir yaitu Suspensi minta di ganti. Suspensi belakang jika sudah bermasalah dan rusak memang perlu diganti dengan yang baru tidak seperti Suspensi depan. Oleh karena itu ganti Suspensi belakang jika memang sudah tidak nyaman digunakan.

Tidak mudah memang mengatur dan memilih Suspensi yang bagus. Karena harus kita coba terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan keinginan kita atau belum. Asal masih normal seharusnya Suspensi masih aman dan nyaman digunakan.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang solusi dan penyebab Suspensi atau Shock yang keras, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Tidak tau maksud sebutan Suhu? jika kalian belum tau kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan Suhu dan Sesepuh.


EmoticonEmoticon