Perbedaan Customer Service, Customer Support, dan Customer Care

Perbedaan Customer Service, Customer Support, dan Customer Care

KEPOINDONESIA.id - Setiap perusahaan pasti memiliki layanan yang bisa digunakan oleh pelanggan atau pengguna untuk menghubungi perusahaan tersebut. Apapun kepentingannya perusahaan harus menyediakan minimal email yang dapat dihubungi.

Nah di beberapa perusahaan atau beberapa layanan pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah Customer Service dan Customer Care. Kedua pelayanan tadi bisa kalian gunakan untuk menemukan jawaban atas hal yang tidak kalian ketahui.

Selain Customer Care dan Customer Service ada juga yang namanya Customer Support. Nah yang menjadi pertanyaan banyak orang ialah apa perbedaan antara ketiganya? Apa sama-sama memiliki peran yang sama? atau berbeda?

Untuk tau jawabannya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai. Sebagai tambahan, selain 3 layanan tadi ada juga yang namanya Live Chat. Seperti namanya layanan ini bisa kalian hubungi dengan cepat dan tanggapan dari operator juga sangat cepat.

Tetapi operator Live Chat adalah operator umum yang hanya tau hal-hal umum saja, jika kalian bertanya hal yang serius di Live Chat saya yakin nantinya kalian akan dialihkan ke salah satu layanan Customer tadi.

Sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti hal yang harus dilakukan saat ATM tertelan dan saldo terdebet serta siapa pemilik nomor 818.

Customer Service


Sebuah layanan yang diperuntukan untuk pelanggan yang digunakan untuk menghubungi perusahaan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pelanggan karena Customer Service menitikberatkan dengan memberikan sesuatu yang lebih bagi pelanggannya.

Sebagai contoh kalian salah satu nasabah salah satu bank yang ada di Indonesia. Dan kalian ingin mengetahui tentang salah satu kelebihan rekening yang sudah kalian buka. Maka nantinya operator Customer Service akan menjelaskannya.

Customer Support


Customer Support bagi saya merupakan layanan service yang ada hubungannya dengan teknik yang langsung bekerja pada sebuah layanan. Sebagai contoh Customer Support layanan Hosting.

Nah Customer Support ialah seseorang yang tau betul dan bisa melakukan eksekusi secara langsung karena mereka termasuk tim Support. Mudahnya bantuan yang mereka berikan secara langsung bukan hanya penjelasan saja.

Customer Care


Customer Care merupakan penggabungan dari Customer Service dan Customer Support. Selain memberikan penjelasan Customer Care juga memberikan arahan dan bantuan serta tindakan apa yang harus dilakukan oleh pelanggan.

Contohnya tiba-tiba sinyal di nomor HP kalian hilang dan kalian panik jika ada apa-apa dengan nomor yang kalian miliki. Untuk mendapatkan jawaban dan bantuan yang pasti kalian bisa menghubungi Customer Care bukan Customer Service.

Apakah bisa kita menghubungi ke salah satu yang kita inginkan? tentu saja bisa tetapi bantuan yang akan kalian terima tidak maksimal karena mereka memiliki tugas dan pengetahuannya sendiri-sendiri.

Biasanya jika memang itu penting akan langsung di arahkan ke layanan Customer yang dibutuhkan oleh pelanggan. Itu saja yang bisa saya jelaskan dan bagi kalian yang akun Akulakunya mendapat peringatan Mitigasi Risiko kalian bisa baca solusinya di artikel yang pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon