Cilok, Cimol, Cireng, dan Cilor, Ini Bedanya

Cilok, Cimol, Cireng, dan Cilor, Ini Bedanya

KEPOINDONESIA.id - Siapa yang tidak suka Cilok. Cilok adalah jajanan favorit banyak orang yang mudah ditemui di semua wilayah. Cilok salah satu jajanan yang pasti ada di setiap daerah bersama jajanan lain seperti Siomay.

Jenis Cilok pun banyak dan bervariasi tergantung penjualnya. Untuk menentukan Cilok yang enak maka kalian harus mencoba satu-persatu dari beberapa penjual Cilok yang ada. Selain Cilok ada jajan serupa yang mungkin sering kalian dengar.

Cireng, Cimol, dan Cilor merupakan jajanan yang bahan bakunya sama seperti Cilok. Hanya saja proses pembuatan dan penyajiannya yang sedikit berbeda. Di daerah saya Cilok sangat mudah dijumpai akan tetapi Cimol, Cilor, dan Cireng sangat jarang.

Walaupun begitu saya akan membahas keempatnya siapa tau ada beberapa dari kalian yang belum tau apa itu Cimol, Cilok, Cilor, dam Cireng. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara membuat bakso dengan Blender serta cara menghilangkan lendir dan amis di ikan Lele.

Cilok


Nama Cilok berasal dari aci yang dicolok. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung aci dana air yang diaduk menjadi adonan dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Setelah itu Cilok di kukus seperti layaknya Siomay.

Walaupun berasal dari kata aci yang di colok tetapi di beberapa wilayah cara memakan Cilok tidak dicolok. Selain itu bumbu cilok bervariasi mulai dari saos biasa hingga menggunakan bumbu kacang.

Cilor


Cilor atau aci digoreng dengan telor merupakan jajanan enak dan favorit banyak orang. Sayangnya Cilor sulit di temui walaupun di wilayah perkotaan. Sama seperti adonan cilok akan tetapi Cilor di goreng dengan telor.

Cireng


Cireng atau Aci Digoreng merupakan jajanan yang bisa kalian coba jika kalian bosan dengan Cilok. Di beberapa wilayah Cireng mudah ditemukan, sama halnya seperti Cilor. Bentuk Cireng bervariasi dengan tambahan bumbu asin dan bubuk cabai tanpa saos.

Cimol


Hampir sama seperti Cireng akan tetapi bentuk Cimol bulat sama seperti Cilok. Jika Cilok di kukus sedangkan Cimol digoreng. Nama Cimol sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti aci digemol.

Nah itu dia sedikit penjelasan dari saya mengenai Cimol, Cilok, Cireng, dan Cilor. Dari keempat jajanan tadi mana yang sering kalian jumpai dan sering kalian beli? saya sendiri sering membeli Cilok karena hanya itu saja yang mudah saya temui.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. Gatal-gatal saat menjemur padi? supaya gatal hilang kalian bisa baca artikel cara mudah menghilangkan gatal karena padi atau gabah.


EmoticonEmoticon