Cara Membuat Bakso Dengan Blender di Rumah, Sesuai Selera dan Enak

Cara Membuat Bakso Dengan Blender di Rumah, Sesuai Selera dan Enak

KEPOINDONESIA.id - Bakso merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia. Bakso ini salah satu makanan favorit banyak kalangan mulai dari orang biasa sampai pejabat dan artis sekalipun, selain bakso ada juga Mie Ayam yang tidak kalah populernya. 

Bakso ini bisa kita temui hampir dimana saja, namun ada hal yang masih banyak dipertanyakan oleh orang-orang, yaitu apa resep bakso dan bagaimana cara membuat bakso. Hal tersebut memang nyata, banyak orang yang tidak tau cara membuat bakso dan apa resepnya sehingga bisa menghasilkan sebuah makanan yang sangat sedap sekali. 

Seperti halnya Fried Chicken, resep bakso ini terbilang rahasia dan hanya beberapa kalangan saja yang tau dan bisa membuat bakso yang super enak. Perlu kalian tau, penjual bakso yang menjual bakso seperti bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso urat, bakso ikan dan jenis bakso-bakso lainnya tidak semuanya membuat baksonya sendiri dengan resep sendiri. 

Kebanyakan bakso dari mereka khususnya tukang bakso keliling hanya menyediakan dagingnya saja, untuk urusan menggiling daging, resep, sampai menjadi adonan bakso ternyata diserahkan oleh orang lain yang sudah terkenal dan ahli dalam membuat bakso.

Nah untuk membuat bakso yang enak memang lah sedikit susah, namun kalian bisa membuat bakso di rumah seperti bakso yang biasanya digunakan untuk campuran sayur Sop/sayur Bening. Untuk itu kali ini saya akan memberikan cara membuat bakso sendiri dirumah, dan untuk cara membuat bakso yang akan saya contohkan ini yaitu cara membuat bakso dengan blender baik daging Ayam atau Sapi.

Berikut Bahan-Bahan Untuk Membuat Bakso Sendiri di Rumah


  • 500 gram daging ayam/daging sapi, sesuai selera
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 3 sdt garam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2/3 sdt penyedam rasa
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 balok kecil es batu
  • 100 ml air es

Untuk daging yang ingin dibuat bakso selera saja, bisa daging ayam atau sapi yang terpenting pada bagian yang mudah dicincang. Dan untuk penggunaan tepung tapioka lebih saya sarankan untuk menghasilkan bakso yang kenyal alami.

Sebelum kita lanjut ke cara membuat bakso dengan blender dirumah sendiri, kalian bisa baca terlebih dahulu 8 makanan halal yang wajib dicoba di Brunei Darussalam dan enaknya Marugame Udon yang perlu kalian ketahui.

Cara Membuat Bakso Dengan Blender


1. Siapkan semua bahan-bahan diatas, lalu untuk daging silakan cuci bersih terlebih dahulu baik daging sapi/ayam. Setelah di cuci bersih silakan cincang secara kasar supaya mempermudah proses blender nantinya

2. Setelah di cincang, masukan daging ke dalam blender sekiranya kuat untuk di blender. Tidak wajib di blender secara bersamaan, namun untuk mempermudah proses blender kalian bisa memasukkan es balok kecil atau es yang sudah dihancurkan pada setiap proses pemblenderan

3. Setelah semua daging halus, silakan pindah daging ke dalam wadah yang sudah disediakan. Selanjutnya kocok telur, garam, bawang, penyedap rasa, merica bubuk, dan baking powder dengan blender, jika sudah halus silakan tuangkan ke wadah yang berisi daging halus tadi

4. Aduk rata antara adonan daging dengan adonan telur tadi

5. Selain itu jangan lupa menambahkan tepung tapioka dalam adonan tersebut

6. Aduk sampai benar-benar tercampur secara merata, jika kurang asin bisa tambahkan sedikit garam

7. Dan jika adonan bakso dirasa terlalu putih, bisa ditambahkan kecap manis secukupnya supaya tampilan bakso tidak terlalu pucat

8. Aduk secara merata supaya kecap manisnya benar-benar menyatu dengan adonan bakso. Fungsi dari kecap manis ini selain untuk memberi warna bakso juga untuk menambah cita rasa bakso yang sedang dibuat

9. Setelah itu proses penyetakan, silakan panaskan air lalu cetak bakso dengan memasukkan bakso ke dalam air yang sudah dipanasakan tadi. Untuk ukuran bakso bebas sesuai dengan selera kalian

10. Jika bakso di dalam panci sudah penuh, selanjutnya nyalakan api untuk memulai merebus bakso yang telah kalian cetak tadi

11. Setelah bakso yang ada didalam panci mulai terapung, mulailah kita mengangkat baksonya dan kemudian masukan bakso yang barusan diangkat ke dalam air dingin untuk mempercepat proses pendinginan.

12. Terakhir silakan kalian nikmati baksonya baik dimakan langsung, untuk campuran sayur sop atau bening atau jika ingin di simpan bisa dimasukkan ke dalam Freezer setelah baksonya benar-benar dingin.

Nah itu dia cara membuat bakso sederhana dirumah yang pasti gampang dan enak. Jika dirasanya baksonya enak dan layak untuk dijual, kalian bisa menjual bakso yang kalian buat karena sudah layak dan enak untuk dijual. 

Dan untuk bahan-bahan serta cara diatas bisa kalian modifikasi sendiri tidak harus sesuai yang saya tuliskan diatas. Untuk bisa membuat bakso yang enak dengan tekstur yang sesuai tentu butuh beberapa percobaan oleh karena itu fokus ke rasa terlebih dahulu. 


EmoticonEmoticon